Rozaq, Abdul (2013) Implementasi metode team quiz untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Fiqh kelas VIII B MTs Al-Ma'arif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting sehingga dalam mendesain suatu pembelajaran dibutuhkan kriatifitas seorang guru, banyak kritik terhadap pelaksanaan pendidikan agama yang sedang berlangsung di sekolah,bahwa PAI di sekolah lebih bersifat verbalistik dan formalis atau merupakan tempelan saja. Metodologi pendidikan agama tidak kunjung berubah sejak dulu hingga sekarang, padahal masyarakat yang dihadapi sudah banyak mengalami perubahan, sehingga menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi-mataeri PAI dan prestasi belajar siswa menjadi rendah.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode yang tepat, oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Team Quiz. Yakni, salah satu model pembelajaran aktif yang menuntut siswa untuk bersemangat, gesit, Menyenangkan dan penuh gairah, hal tersebut sesuai dengan pembelajaran fiqh yang pada dasarnya membutuhkan lebih banyak aktif mengeluarkan pendapat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Ma’arif 01Singosari Malang, dengan objek penelitian siswa kelas VIII B.Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (a) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan metode Team Quiz untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fiqh siswa kelas VIII B MTs Al-Ma’arif 01 Singosari Malang. (b) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran dengan metode Team Quiz untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fiqh siswa kelas VIII B MTs Al-Ma’arif 01 Singosari Malang. (c) Mendeskripsikan penilaian pembelajaran dengan metode Team Quiz untuk meningkatkan Motivasi dan prestasi belajar Fiqh siswa kelas VIII B MTs Al-Ma’arif 01 Singosari Malang.
Penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun penelitian ini terbatas pada penggunaan pada penggunaan metode Team Quiz dalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa yang pada dasarnya diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan metode team quiz bagi guru dan membaca. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode team quiz dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar terhadap mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII B MTs Al-Ma’arif 01Singosari Malang. Hal tersebut dapat diketahui dari keaktifan dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran serta termotivasinya siswa untuk lebih mengetahui akan sesuatu yang baru berdasarkan dari hasil pencarian dan penemuan sendiri. Sebelum diterapkannya pembelajaran ini, siswa kurang aktif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan nilainya juga dibawah standar. Dari dua siklus yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa nilai post test siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 69,4%, pada siklus II 99%.
ABSTRACT
Education is a very important requirement in the design of the learning that takes creativity a teacher, a lot of criticism of the implementation of the ongoing religious education in school, that school is more PAI verbalistic and formalist or a patch only. Methodology of religious education not being changed from the past until now, when people are facing many changes, resulting in lack of student motivation to learn the material and PAI material student achievement is low.
To overcome this precise methods are needed, therefore, in this study researchers used a method Quiz Team. Namely, one of the active learning model that requires students to be excited, energetic, fun and passionate, it is in line with the teaching of fiqh which basically requires more active an opinion to get maximum results.
This study was conducted at MTs Al-Ma’arif 01 Singosari Malang, with the object of class VIII B. The research objectives in this study were: (a) Describe the learning plan Quiz Team method to improve learning motivation and achievement Fiqh graders VIII B MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. (B) Describe Learning Implementation Team Quiz methods to enhance motivation and learning achievement of students of class VIII B Fiqh Al-Ma MTs, Maarif 01 Singosari Malang. (C) Describe the methods of learning assessment Quiz Team to enhance motivation and learning achievement of students of class VIII B Fiqh MTs Al-Ma’arif 01 Singosari Malang.
Study, the researchers do this are included in the qualitative research with classroom action research (classroom action research). The study is limited to the use of the use of methods in teaching Fiqh Quiz Team to improve motivation and student achievement are basically expected to provide a deeper understanding about the use of team quiz for teachers and reading. The study is divided into four stages: planning, implementation, observation and reflection.
The results of the research that has been conducted, showing that the application of the method can enhance the quiz team motivation and achievement to fiqh subjects eighth grade students of MTs Al-Ma’arif 01Singosari Malang. It can be seen from the activity and the sight of people exiting students in learning and motivated students to be more aware of something new on the basis of the results of the search and discovery of self. Before applying this learning, students are less active and less enthusiastic in following learning and its value well below the standard. Of the two cycles has been done, it can be seen that the value of post test of students has increased, the cycle of 69.4%, and 99% on the second cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Team Quiz; Motivasi; Prestasi Belajar Fiqh; Quiz Team Method; Motivation; Achievement Learning Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 09:38 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 09:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39275 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |