Muhyiawaty, Baiti Al (2013) Penerapan strategi Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110285.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis Ponorogo, masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan atau sikap yang mereka butuhkan.
Pembelajaran yang diterapkan di MTs Negeri Jetis Ponorogo belum mampu merangsang pemikiran siswa, sehingga mengakibatkan semangat belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya semangat belajar siswa mempengaruhi daya pemahaman siswa dalam belajar. Fakta lain penyebab rendahnya pemahaman siswa yaitu rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Ditambah lagi waktu belajar yang terbatas yakni sekali dalam seminggu, membuat siswa tidak memiliki cukup waktu untuk berkreativitas maupun mengaktualisasikan diri.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan
yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimanakah penerapan strategi card sort pada siswa kelas VIII B dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jetis Ponorogo? Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas VIII B setelah diterapkannya strategi card sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jetis Ponorogo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII B MTs Negeri Jetis Ponorogo Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dan juga mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri Jetis Ponorogo.
Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (Action), pengamatan (Observation) dan refleksi (Reflecting) dan seterunya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (Kriteria Keberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) Observasi; (2) Dokumentasi. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung presentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa penerapan strategi card sort pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri Jetis Ponorogo. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar afektif. Selain itu, data empiris juga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa.
ABSTRACT
In the process of learning the Quran Hadits class VIII B in Ponorogo Jetis State Islamic Junior High School, is still frequently encountered the tendency to minimize the involvement of students. Dominance of the teacher in the learning process led to more passive tendency of students so that they are waiting for serving teachers more than searching and finding their own knowledge, skills or attitudes that they need.
Applied learning in Ponorogo Jetis MTs have not been able to stimulate students' thinking, resulting in a low student spirit. Low morale affect the students' understanding of students in learning. Another fact that is the cause of the lack of understanding students' low motivation of students to learn. And than the limited learning time once a week, making the students do not have enough time for creativity and self-actualization.
Departing from the above problems, the general problem formulated in this study is, How does the implementation of the strategy card sort in class VIII B in learning Al-Quran Hadits in MTs Jetis Ponorogo? How does students' motivation after class VIII B card sort that strategies in learning Al-Quran Hadits in MTs Jetis Ponorogo?. The purpose of this study is to describe the implementation of strategies to improve the Card Sort Student Motivation VIII class B MTs Jetis Ponorogo In Learning Quran Hadits and also describe the steps increase the motivation of students of class VIII B MTs Jetis Ponorogo.
With the design of classroom action research (Classroom Action Research) collaborative kind. Classroom action research was conducted form repeating cycle in which there are four main phases of activity, ie action planning (Planning), action (Action), observation (Observation) and reflection (Reflecting) and rivals until repairs or improvements are expected to be achieved (Criteria for Success ). Data collection techniques used, namely: (1) Observation, (2) Documentation. Technical analysis of qualitative data consisting of observations and documentation of qualitative descriptive analysis, while the data is numeric or quantitative data were analyzed by calculating the percentage.
Based on the research that has been done, it can be concluded that the
implementation of the strategy card sort on Quran Hadits learning can increase students' motivation VIII class B MTs Jetis Ponorogo. Increase students' learning motivation can be seen from the results of affective learning. In addition, empirical data also showed an increase in student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Card Sort; Motivasi Belajar Siswa; Al-Qur’an Hadist; Strategy of Card Sort; Student Motivation; Al-Qur’an Hadist | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 09:37 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 09:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39270 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |