Rohani, Ros (2013) Penggunaan metode UMMI dalam meningkatkan Al-Qur’an di MIN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110223.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah upanya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode, metode yang praktis, efektif, efesien dan
terstruktur dengan baik dalam pengelohan kegiatan pembelajaranya, mulai dari pengelolahan siswanya, pengelolahan proses pembelajaranya, pengelolahan evaluasinya dan pengelolahan dalam menanggulangi siswa yang kurang bisa mengikuti pembelajaran. Karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangakat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “Penggunaan Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an di MIN Malang I”.
Adapun permasalahan yang akan di bahasa dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di MIN Malang, Kelebihan dan kekuranga metode Ummi jika ditinjau dari segi metode pengajaran membaca Al-Qur’an bagi siswa MIN Malang I dan apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Ummi terhadap kemapuan baca Al-Qur’an siswa MIN Malang I.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di MIN Malang I, mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Ummi jika di tinjau dari metode pengajaran membaca Al-Qur’an dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Ummi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara /interview, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis dalam pembelajaran Al-Qur’an juga sangat membutuhkan metode pembelajaran yang praktis, efektif, efesien dan terstruktur dengan baik, mulai dari pengelolahan siswanya, pengelolahan kegiatan pembelajarannya, pengelolahan evaluasinya dan pengelolahan penanggulagi siswa-siswi yang kurang bisa mengikuti pembelajarannya. Karena dengan metode yang mempunyai sistem yang bagus akan dapat mengkontribusikan hasil yang bagus pula.
Bahwa dalam Metode Ummi ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu pada 9 pilar yang menjadi kunci utama kesuksesan metode Ummi dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. yaitu: Goodwill manajemen, Sertifikasi guru, Tahapan baik dan benar, Target jelas dan terukur, Mastery learning yang konsisten, Waktu yang memadai, Quality control yang intensif, Rasio guru dan siswa yang proporsional, Progress report setiap siswa.
Dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang baik dengan menggunakan metode Ummi bisa juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di MIN Malang I. Baik berupa faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembelajaran Al-Qur’an.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran Al-Qur’an.
ABSTRACT
Pembelajaran adalah upanya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode, metode yang praktis, efektif, efesien dan
terstruktur dengan baik dalam pengelohan kegiatan pembelajaranya, mulai dari pengelolahan siswanya, pengelolahan proses pembelajaranya, pengelolahan evaluasinya dan pengelolahan dalam menanggulangi siswa yang kurang bisa mengikuti pembelajaran. Karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangakat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “Penggunaan Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an di MIN Malang I”.
Adapun permasalahan yang akan di bahasa dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di MIN Malang, Kelebihan dan kekuranga metode Ummi jika ditinjau dari segi metode pengajaran membaca Al-Qur’an bagi siswa MIN Malang I dan apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Ummi terhadap kemapuan baca Al-Qur’an siswa MIN Malang I.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di MIN Malang I, mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Ummi jika di tinjau dari metode pengajaran membaca Al-Qur’an dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Ummi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara /interview, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis dalam pembelajaran Al-Qur’an juga sangat membutuhkan metode pembelajaran yang praktis, efektif, efesien dan terstruktur dengan baik, mulai dari pengelolahan siswanya, pengelolahan kegiatan pembelajarannya, pengelolahan evaluasinya dan pengelolahan penanggulagi siswa-siswi yang kurang bisa mengikuti pembelajarannya. Karena dengan metode yang mempunyai sistem yang bagus akan dapat mengkontribusikan hasil yang bagus pula.
Bahwa dalam Metode Ummi ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu pada 9 pilar yang menjadi kunci utama kesuksesan metode Ummi dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. yaitu: Goodwill manajemen, Sertifikasi guru, Tahapan baik dan benar, Target jelas dan terukur, Mastery learning yang konsisten, Waktu yang memadai, Quality control yang intensif, Rasio guru dan siswa yang proporsional, Progress report setiap siswa.
Dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang baik dengan menggunakan metode Ummi bisa juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di MIN Malang I. Baik berupa faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembelajaran Al-Qur’an.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penggunaan Metode Ummi dan Pembelajaran Al-Qur’an; the use of ummi methods and Al-Qur’an learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 09:37 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 09:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39268 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |