Responsive Banner

Pengaruh kemampuan membaca Al Qur’an siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Turen

Musta’in, Musta’in (2013) Pengaruh kemampuan membaca Al Qur’an siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07110167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan membaca al-Qur’an khususnya bagi siswa yang ada di sekolah umum (SMK) sangat penting sekali dalam meningkatkan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengtahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam keimanan, ketaqwaannya, berbangsa, dan bernegara, serta untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi Dikatakan penting karena al-Qur’an sebagai salah satu ruang lingkup pendidikan agama Islam menjadi dasar pokok dari materi pendidikan agama Islam.

Mengingat begitu pentingnya untuk meningkatkan pelaksanaan ajaran al-Qur’an yang berpengaruh dalam menentukan keberhasilan pembelajaran agama Islam dalam kemampuan membaca al-Qur’an untuk meningkatkan prestasi belajar., maka yang menjadi masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah; 1) Seberapa besar kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SMK Negeri 1 Turen; 2) Seberapa besar prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Turen; 3) apakah kemampuan membaca al-Qur’an siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam.

Metode penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mendapatkan data yang diteliti peneliti mengambil data dari 26 sampel. Adapun metode yang digunakan adalah, dokumentasi dan observasi. Kemudian hasil dari observasi dianalisis dengan regresi linier sederhana yang meliputi uji F dengan taraf signifikan 89,9%.

Dari hasil analisis penelitian, tingkat kemampuan membaca sangat baik yaitu sebesar 50%, dan tingkat prestasi belajar PAI telah tuntas sebasar 96%. Diketahui bahwa persamaan regresinya yaitu Y = 3,289 + 9,253X . Untuk uji F variabel kemampuan membaca al-Qur’an berpengaruh secara terhadap prestasi belajar PAI siswa, dengan F hitung (210,517) > F tabel (1,187). Nilai signifikansi sebesar 0,000 < a 0,05 sehingga diputuskan menolak H0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variable kemampuan membaca al-Qur’an (X) terhadap prestasi belajar PAI (Y).

ABSTRACT

The ability to read al-Qur’an especially for students in public schools (SMK) is very important in improving learning achievements studies field of Islamic studies. Islamic education in educational institutions aimed at fostering and enhancing the faith through giving and fertilizing pengtahuan, appreciation, practice and experience of the learners about the religion of Islam so that it becomes a muslim man who continues to grow in faith, taqwaan, nation, and State, as well as to continue on to higher education is said to be important because it Qur’an as one of the scope of Islamic religious education is the basis of Islamic religious education materials.

Given the importance of the implementation of the so to improve the teaching of the Qur’an are influential in determining the success of Islamic learning in the ability to read al-Qur’an to improve learning achievement., then that becomes a matter of who wants to be answered in this research are; 1) how big is the ability to read alQur’an students in SMK Negeri 1 Turen; 2) how big achievements of studying Islamic education at SMK Negeri 1 Turen; 3) is the ability to read al-Qur’an students learning achievements affect Islamic religious education.

Hese research methods utilizing a quantitative approach. To get the data that retrieves data from the researcher examined 26 samples. The method used is, documentation and observation. Then the results of observations are analyzed with simple linear regression test which covers the significant milestone of F with 89,9%.

Nalysis of the results of research, excellent reading skills level totaling by 50%, and level of learning achievement PAI has completely totaling 96%. Note that the regresinya equation is Y = 3,289 9, 253X. To test your ability to read variables F alQur’an influential in the learning achievements of students, with a PAIcount (210,517) > F table (1,193). Significance of values 0,000 < 0.05 so decided reject Ho. Based on the results of this research can be known that there is a significant and positive influence on the variable ability to read al-Qur’an (X) on the learning achievements of PAI (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sholeh, Achmad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSholeh, AhmadUNSPECIFIED
Keywords: Kemampuan Membaca Al Qur’an; Prestasi Belajar; Reading Skills Qur’an; Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 01 Aug 2022 09:34
Last Modified: 12 Apr 2023 13:17
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39255

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item