Pengembangan buku ajar Big Book soal cerita materi pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mojotengah 2 Kabupaten Jombang

Nursita, Dwi Indah (2016) Pengembangan buku ajar Big Book soal cerita materi pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mojotengah 2 Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang wajib bagi siswa, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi soal cerita pecahan. Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami maksud dari soal cerita pecahan. Hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN Mojotengah 2 Kabupaten Jombang tergolong kurang. Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika materi pecahan. Buku ajar Big Book menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk buku ajar matematika yang berupa Big Book untuk siswa kelas IV SDN Mojotengah 2 Kabupaten Jombang, menganalisis tingkat kelayakan produk buku ajar dan menganalisis perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan produk buku ajar Big Book.

Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojotengah 2 Kabupaten Jombang tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Prosedur pelaksanaan tindakan dan penerapan di lokasi penelitian terbagi menjadi 9 tahap. Sembilan tahap tersebut yaitu: potensi atau masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk akhir. Penilaian dalam penelitian ini terdiri dari angket dan hasil belajar siswa. Pengamatan dilakukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Analisis perbedaan hasil belajar dilakukan menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar menunjukkan perbedaan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) nilai pre-test yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai post-test yaitu 55.67 < 91.1, maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk buku ajar. Hasil uji t pada perhitungan manual dengan tingkat kepercayaan 0.05 dihasilkan bahwa t hitung = 9.827 sedangkan t tabel= 1.860. hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yang berarti t hitung lebih besar dari t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar big book soal cerita pecahan. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar big book soal cerita pecahan yang dilengkapi dengan buku saku pecahan.

Learning mathematics is a compulsory learning for students, but in reality there are many students who have difficulty in understanding the material about the fractionsstory. Students often have difficulty in understanding the purpose of the story about fractions. The results of students in the fourth grade fractions material of SDN Mojotengah 2 Jombangare relatively less. This study was conducted based on the existence of problems in mathematics learning of material fractions. The textbooks of Big Bookbecome into one of the alternatives to solve the difficulties of student learning.

This research aimed to make products in the form of mathematics textbook ofBig Book for Public Elementary School of fourth grade students of Mojotengah 2 Jombang, analyze the feasibility of the textbooks product and analyze the differences in learning outcomes before and after using the product of Big Booktextbook.

The goals were students of grade IV SDN Mojotengah 2 Jombangof the academic year 2015/2016. The method used the Research & Development (R & D). Implementation procedures and implementation measures in the study site was divided into 9 stages. The nine stages were: potential or problems, data collection, designproduct, design validation, design revisions, product testing, product revision, utility testing and revision of the final product. Ratings in this study consisted of a questionnaire and student learning outcomes. The observations made by researcher. The technique of collecting data used questionnaires and tests of student learning outcomes. Analysis of learning outcomes differences was performed using the t test.

The results showed that the learning outcomes of fourth grade of students before and after using textbooks showed a betterdifference. It can be seen from the average value (mean) of the pre-test was smaller than the value of the post-test, namely 55.67 <91.1, it can be said that there was a difference in student learning outcomes before and after using the textbookproduct. T test results on the manual calculation with a confidence level generated 0.05 that tcount = 9.827, while t table = 1.860. it showed that tcount>ttable which meantthattcountwas greater than ttable, then Ho was rejected and Ha was accepted, so there was a significant difference between the value of students before and after using the textbook of big bookfractionsstory. It showed that there were differences in student learning outcomes between before and after using textbooks of big book about the fractionsstory equipped with fractional pocket book.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Big Book; Hasil Belajar siswa; Big Book; Student Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dimas Andika Putra
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:28
Last Modified: 28 Jul 2016 07:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3920

Actions (login required)

View Item View Item