Karima, Kauna (2022) Language attitudes of bilingual learners: A qualitative case study contextualized in an Indonesian islamic boarding school. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18320191.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ENGLISH:
In everyday life, language plays an important role in fulfilling one of the social, which is used to communicate between human beings. Not even a few students are interested in conducting language study. Not a few of them emphasize or combine two aspects, language and culture, which often lead to positive or negative things, attitudes, or emotions in understanding a meaning (Cortès-Colomé et al., 2016, p. 272). However, there are some additions to be made from previous research, as discussed in this thesis about analyzing language attitudes towards Darul Lughah Wal Karomah Islamic Boarding School students in daily communication.
Language attitude is a reaction to an assessment of a particular language and a mental position or feeling towards one's own language and others. In previous studies, it is suggested to conduct research on language attitudes, especially those who are interested in the same topic or field. This makes researcher interested in filling the gap by finding the influence of language planning applied and analyzing the language attitudes that occur in students from the English Institutions at Darul Lughah Wal Karamah Islamic Boarding School in their daily communication. Researcher selected Islamic boarding schools as the object of the research. This phenomenon occurs frequently in many Islamic boarding schools in Indonesia that apply the requirements for the use of foreign languages (language strategy), such as English and Arabic.
In this study, the researcher used a qualitative method, with a case study design. In collecting data, this research conducts observations and interviews with students at the English Institution. Researchers used tools such as audio recordings to record the conversations of the students, which were also transcribed. Following that, the data were analyzed using Garvin and Mathiot (1968)’s theory which formulated three characteristics of language attitudes: (1) Language Loyalty, (2) Language Pride, (3) Awareness of the Norms. The researcher expects that this research will help to improve English teaching and learning, particularly for bilingual or multilingual students and the community.
INDONESIA:
Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa memiliki peran penting dalam memenuhi salah satu kebutuhan sosial, yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia. Bahkan, banyak dari para pelajar, yang tertarik untuk melakukan penelitian dalam bidang bahasa. Tidak sedikit dari mereka yang menekankan atau menggabungkan dua aspek, bahasa dan budaya, yang seringkali mengarah pada hal, sikap, atau emosi positif atau negatif dalam memahami suatu makna (Cortès-Colomé et al., 2016, hlm. 272). Namun ada beberapa tambahan yang perlu dilakukan dari penelitian sebelumnya, seperti yang dibahas dalam skripsi ini tentang menganalisis sikap berbahasa terhadap santri Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah dalam komunikasi sehari-hari.
Sikap bahasa merupakan reaksi penilaian terhadap bahasa tertentu dan posisi mental atau perasaan terhadap bahasa sendiri dan orang lain. Pada penelitian-penelitian sebelumnya, menyarankan untuk melakukan penelitian terhadap sikap Bahasa, terutama yang tertarik pada topik atau bidang yang sama. Hal ini, membuat peneliti tertarik untuk mengisi celah tersebut dengan menemukan pengaruh adanya perencanaan Bahasa yang diterapkan dan menganalisis sikap bahasa yang terjadi pada santri dari Lembaga Bahasa Inggris di Pesantren Darul Lughah Wal Karomah dalam komunikasi sehari-hari mereka. Peneliti memilih pondok pesantren sebagai objek data penelitian karena fenomena ini sering terjadi di berbagai pondok pesantren di Indonesia yang menerapkan persyaratan penggunaan bahasa asing (strategi Bahasa), seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan studi kasus. Selain itu, peneliti melakukan observasi dan interview terhadap santri di Lembaga Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan alat seperti audio rekaman untuk merekam percakapan-percakapan para santri, yang juga di transkripkan. Setelah itu, data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan teori Garvin dan Mathiot (1968) yang merumuskan tiga karakteristik sikap Bahasa: (1) Kesetiaan Bahasa, (2) Kebanggaan Bahasa, (3) Kesadaran akan norma Bahasa. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pada siswa bilingual atau multibahasa dan masyarakat
ARABIC:
فِي الْحَيَاةِ الْيَوْمِيَّةِ ، تَلْعَبُ اللُّغَةَ دورًا مُهِّمًا فِي تَلْبِيَةِ إِحْدَى الْاِحْتِيَاجَاتِ الْاِجْتِمَاعِيَّةِ ، وَالَّتِيْ تَسْتَخْدِمُ لِلتَّوَاصُلِ بَيْنَ النَّاسِ. فيِ الوَاقِعِ ، يَهْتَمُّ الْعَدِيْدِ مِنَ الطُّلَّابِ بِإِجْرَاءِ بَحْثِ فَي مَجَالَّ اللُّغَةِ . لَا يُوْجَدُ عَدَدٌ قَلِيْلَ مِنْهُمْ يؤُكِدُ أَوْ يَجْمَعُ بَيْنَ جَانِبِيْنَ ، اللُّغَةَ وَ الثَّقَافَةَ ، مِمَّا يُؤَدِّي غالبًا إِلَى أَشْيَاءِ أَوْ مُوَاقِفُ أَوْ عَوَاطِفُ إِيْجَابِيَّةٌ أَوْ سَلْبِيَّةٌ فِي فَهْمِ مَعْنَى (Cortes-Colome et Al., ٢٠١٦, ص، ٢٧٢). وَلَكِنْ هُنَاكَ بَعْضَ اْلإِضَافَاتِ الَّتِيْ يَجِبُ الْقِيَامُ بِهَا مِنَ الْأَبْحَاثِ السَّابِقَةِ, كَمَا تَمَّتْ مُنَاقَشَتُهُ فِي هَذَا النَّصِ حَوْلَ تَحْلِيْلِ اْلمَوْقِفُ اللُّغَوِي تُجَاهَ مُجَامَلَةِ مَعْهَدِ دَارِ اللُّغَةِ وَ الْكَرَامَةِ فِي التَّوَاصُلِ الْيَوْمِي.
الْمَوَاقِفُ اللُّغَوِيَّةِ هِيَ رُدُوْدُ فِعْلَ عَلَى الْأَحْكَامِ حَوْلَ لُّغَاتِ مُعَيَّنَةٍ وَمَوَاقِفِ عَقْلِيَّةِ أَوْ مَشَاعِرِ تُجَاهُ لُّغَةِ الْمَرْءَ وَغَيْرِهَا. فِي الدِّرَاسِاتَ السَّابِقَةِ ، اِقْتَرَحَ إِجْرَاءُ بَحْثِ حَوْلَ الْمَوَاقِفِ اللُّغَوِيَّةِ ، وَخَاصَّةُ الْمُهْتَمِيْنَ بِنَفْسِ الْمَوْضُوْعِ أَوِ الْمَجَالِ. هَذَا الْاَمْرُ, الْبَاحِثُوْنَ الْمُهْتَمُوْنَ لِسَدِ ّهَذِهِ الْفَجْوَةُ مِنْ خِلَالِ اِكْتِشَافِ تَأْثِيْرُ تَخْطِيْطِ اللُّغَةِ الْمُطَبَّقِ وَ تَحْلِيْلِ الْمَوَاقِفِ اللُّغَوِيَّةِ الَّتِي تَحَدُّثِ لَدَىَ طُلَّابِ مَعْهَدِ اللُّغَةِ الْإِنْجِلِيْزِيَّةِ فِي فِي مَعْهَدِ دَارُ اللُّغَةِ وَ الكَرَامَةِ فِي التَّوَاصُلِ الْيَوْمِيِّ. اِخْتَارَ الْبَاحِثُوْنَ الْمَعْهَدِ كَأَشْيَاءِ بَيَانَاتٍ بَحْثِيَّةٍ لِأَنَّ هَذِهِ الظَّاهِرَةٌ غَالِبًا مَا تَحَدُّثٍ فَي كُلِّ الْمَعْهَدِ مُخْتَلِفَةٍ فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا تَطْبِقُ مُتَطَلِّبَاتُ اِسْتِخْدَامِ اللُّغَاتِ الْأَجْنَبِيَّةٍ , مِثْلُ الْإِنْجِلِيْزِيَّةَ وَ الْعَرَبِيَّةَ.
فِي هَذِهِ الدِّرَاسَةِ ، اِسْتِخْدَمُ الْبَاحِثُوْنَ طَرِيْقَةُ نَوْعِيَّةِ ، مَعَ دِرَاسَاتِ الْحَالَةِ . بِالْإِضَافَةِ إِلَى ذٰلِكَ ، أَجْرَى الْبَاحِثُوْنَ مُلَاحَظَاتٍ وَمُقَابَلَاتٍ عَلَى الطُّلَّابِ فِي مَعْهَدِ اللُّغَةِ الْإِنْجِلِيْزِيَّةِ. يَسْتَخْدِمُ الْبَاحِثُوْنَ أَدَوَاتُ مِثْلُ التَّسْجِيْلَاتِ الصَّوْتِيَّةِ لِتَسْجِيْلِ مُحَادَثَاتِ الطُّلَّابِ ، الَّذِيْنَ ثُمَّ نُسَخِهِمْ أَيْضًا. بَعْدَ ذٰلِكَ ، تَمَّ تَحْلِيْلُ الْبَيَانَاتِ بِاسْتِخْدَامِ نَظَرِيَّاتٍ Garvin و Mathiot (١٩٦٨) الَّتِي صَاغَتْ ثَلَاثَ خَصَائِصِ لْمَوَاقِفِ اللُّغَةِ: (١) الْوَلَاءَ اللُّغَةِ ، (٢) فَخْرُ اللُّغَةِ, (٣) الْوَعِيْ بِمَعَايِيْرِ اللُّغَةِ. بِا هَذَا الْبَحْثِ ، يَأْمَلَ الْبَاحَثُوْنَ أَنْ يُسَاهِمَ هَذَا الْبَحْثِ فَي تَدْرِيْسِ وَتَعَلُّمِ اللُّغَةَ الْإِنْجِلِيْزِيَّةَ ، خَاصَّةٌ عَلَی الطُّلَّابِ ثُنَائِيِّيْ اللُّغَةِ أَوْ مُتَعَدِّدَ اللُّغَاتِ وَالْمُجْتَمَعِ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | language attitudes; bilingual; multilingual; Sikap Bahasa; dwibahasa; multibahasa; مَوْقِفُ اللُّغَةِ ، ثُنَائِيَّ اللُّغَة ِ، مُتَعَدِّدَ اللُّغَاتِ | ||||||
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) > 20040599 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Humaniora > Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris | ||||||
Depositing User: | Kauna Karima | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 14:54 | ||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 14:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39192 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |