Istiqomah, Istiqomah (2016) Informasi produk perdagangan oleh pelaku usaha ditinjau dari Undang-undang nomor 07 tahun 2014 tentang perdagangan dan maslahah mursalah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12220056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Di dalam kegiatan ekonomi peran pelaku usaha dan pembeli tak terpisahkan. Pelaku usaha membutuhkan pembeli, dan sebaliknya pembeli juga membutuhkan pelaku usaha. Oleh karena itu diharapkan di dalam kegiatan ekonomi itu mereka berinteraksi secara sehat, jangan sampai ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. Untuk itu perlunya sebuah informasi produk perdagangan untuk menunjang terjadinya sebuah pemahaman bagi para pembeli supaya tidak merasa dirugikan oleh para pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab.
Dalam penelitian ini membahas dua rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana Informasi Produk Perdagangan Oleh Pelaku Usaha Bila Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 07 Tahun 2014 Tentang Perdagangan ? 2) Bagaimana Informasi Produk Perdagangan Oleh Pelaku Usaha Bila Ditinjau Dari Konsep Maslahah Mursalah ? Peneliti ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai Informasi Produk Perdagangan yang benar, yang harus diberikan oleh pelaku usaha kepada pembeli.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif penelitian ini disebut juga penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan tersier.
Hasil dari penelitian ini adalah bentuk informasi mengenai produk perdagangan yang seharusnya diberikan oleh pelaku usaha kepada pembeli diatur di dalam Undang-Undang Nomor 07 Tahun 2014 Tentang Perdagangan pada pasal 30 ayat (2) yang isinya bahwa pelaku usaha dilarang memanipulasi data dan informasi mengenai kondisi dan persediaan suatu produk perdagangan. Sedangkan menurut tinjauan Maslahah Mursalah, informasi produk perdagangan yang diberikan oleh pelaku usaha kepada pembeli harus memberikan informasi yang sesuai dengan kondisi barang atau produk yang diperdagangkan, karena konsep maslahah mursalah mementingkan kemaslahatan bersama yakni antara pelaku usaha dan pembeli. Sehingga dari konsep maslahah mursalah tersebut posisi antara pelaku usaha dan pembeli menjadi seimbang tidak ada yang merasa dirugikan.
ENGLISH :
In economic activities, role of business community and buyer is undeniably inseparable. Business community needs buyer and vice versa. Thus, in economic activities they are expected to have fair interaction so there will be no disadvantaged party. For that reason, in order to prevent disadvantage of the buyer, which is caused by irresponsible business community, information of trade goods is needed.
Two research questions are formulated in this research, those are 1) How does trade product information conducted by business community are reviewed from the perspective of Law Number 7 2014 about Trade? How does trade product information conducted by business community are reviewed from perspective of Maslahah Mursalah?
This research is aimed to give understanding about the correct Trade Product which has to be provided by business community to buyer. Therefore, this research uses normative juridical type or so called as library research. Moreover, this research applies law and conceptual approach. As for the source of law that are used are primary, secondary and tertiary source of law.
The result of this research is in the form of information regarding to the trade product that should be provided by business community to the buyer. This has been regulated in Law Number 7 2014 about Trade in article 30 paragraph (2) which. In this paragraph is explained that business communities forbidden to manipulate the data and/or information regarding the supply of trade goods. Whereas, according to Maslahah Mursalah information of trade goods providing by business community have to match with goods or product traded since the concept of Maslahah Mursalah is emphasizing on common benefit between business community and buyer. Therefore, the concept of Maslahah Mursalah will balance the position between business community and buyer so there will be no party disadvantaged.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jundiani, Jundiani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Informasi; Perdagangan; Maslahah Mursalah; nformation; Trade; Mursalah | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Rahmatul Apriyanti | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2016 16:45 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2016 16:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3918 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |