Khumairoh, Ayu (2016) Pengembangan buku ajar Al-Qur’an Hadits berbasis sains untuk kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bacem Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan buku ajar Al-Qur’an Hadits Berbasis Sains merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar yang ditekankan pada aspek kognitif. Pengembangan buku ajar ini didasarkan pada beberapa masalah yang muncul di dalam kelas diantaranya adalah sumber belajar yang digunakan oleh guru kurang menarik. Selain itu adanya masalah dari siswa yaitu jam pelajaran relatif sedikit, kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk belajar Al-Qur’an Hadits yang mengakibatkan siswa kelas V ini mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, menghafal mengartikan dan memahami bacaan tajwid yang ada di dalam Al-Qur’an Hadits. Belum tersedia buku ajar Al-Qur’an Hadits Berbasis Sains dikarenakan banyak dari siswa yang belum mengerti bahwa ada kaitan antara Al-Qur’an Hadits dan Sains. Melalui buku ajar ini diharapkan siswa dapat termotivasi dan memperoleh pengetahuan baru mengenai Al-Qur’an Hadits dan juga Sains sehingga siswa dapat mengamalkan nilai-nilai dan manfaat yang ada di dalam buku ajar Al-Qur’an Hadits Berbasis Sains untuk siswa kelas V.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan proses pengembangan buku ajar Al-Qur’an Hadits Berbasis Sains, 2) Menghasilkan buku ajar yang memiliki tingkat kelayakan dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bacem Blitar, serta 3) Menjelaskan buku ajar ini dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Memahami Surah Al-Qadr dengan Pendekatan Integrasi Agama dan Sains.
Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development, yang mengacu pada model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil akhir. Data dianalisis tingkat kevalidan produk dan analisis data menggunakan Uji-t.
Hasil dari penelitian pengembangan1) Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk buku ajar Al-Qur’an Hadits Berbasis Sains untuk siswa kelas V ,2) Buku ajar sudah memenuhi tingkat kelayakan dengan hasil validasi ahli isi/materi 82%, ahli desain mencapai 94%, ahli pembelajaran kelas V mencapai 90%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 91%. 3) Hasil belajar siswa rata-rata nilai pre-test 51,6% dan nilai post-test 85,6%. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung 4,607 ttabel 1,711 artinya H0 ditolak dan H1diterima, sehingga buku ajar Al-Qur’an Hadits Berbasis Sains dapat meningkatkan hasil belajar materi Memahami Surah Al-Qadr.
ABSTRACT
The Development of Textbook Al-Qur'an the Hadith is one of the Science-based efforts to improve the learning process demonstrated by the increase in the results of a study on the cognitive aspect is emphasized. This textbook development based on some of the problems that arise in the classroom such as learning resources used by teachers are less attractive. In addition the existence of the problem of students that is relatively few hours of instruction, a lack of motivation in students to learn the Qur'an the Hadith which resulted in grade V is experiencing difficulties in reading, writing, memorization and recitation tajwid understanding and adherence to the Quran Hadith. Not textbook Al-Qur'an the Hadith Science Based because many of the students who do not understand that there is a link between the Qur'an and the Hadith science. Through the textbook it is expected students can be motivated and gain new knowledge about the Hadith of Qur'an and Science so that students can also practise the values and benefits that are in the textbook Al-Qur'an the Hadith-based science for grade V.
The purpose of this research is to 1) describes the process of developing a book teaching the Quran Hadith Science-based, 2) produces a textbook that have eligibility levels in subjects of the Qur'an the Hadith to Madrasah Ibtidaiyah in V class Miftahul Huda Bacem Blitar, as well as 3) explains this textbook can improve the results of the study on the material to understand the Surah Al-Qadr with Approaches for the integration of religion and science.
To achieve the above purposes, this type of research is Research and Development Research, referring to the models of Borg & Gall. Data collection techniques used are now and test the end result. The data analyzed the level of kevalidan of products and data analysis using t-Test.
The results of the research development of 1) products resulting from research and development is shaped as a textbook of Hadith Al-Quran-based science for grade V, 2) textbook already meet the eligibility level validation results with expert content/material 82%, reaching 94% design expert, expert learning class V reached 90%, and the results of field trials reach 91%. Student Learning Outcome 3) average value of pre-test 51.6% and the value of post-test 85,6%. On test-t manual with a level of significance of obtained results of 0.05 thitung 4.607 1.711 ttabel meaning H0 is rejected and the H1 is accepted, so that the textbook Al-Qur'an the Hadith Science-based learning material results can improve understanding the Surah Al-Qadr.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Buku Ajar Al-Qur’an Hadits; Berbasis Sains; kelas V; Development Textbook Al-Qur'an the Hadith; based on Science; class V | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dimas Andika Putra | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2016 16:46 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3909 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |