Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP Islam AL Azhar Tulungagung

Cahyaningrum, Resti (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP Islam AL Azhar Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fultext)
12110080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran berwawasan teknologi akan mempermudah pembelajaran bagi siwa dalam menerima segala informasi. Apalagi pendidikan agama Islam akan berjalan efektif, efisien, dan menarik ketika ada pemberdayaan sarana pendidikan agama Islam yang dipadukan dengan media pembelajaran teknologi. Salah satu manfaat dari penggunaan media pendidikan yang memadai yaitu pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa pada diri siswa. Media yang digunakan guru pada umumnya yaitu media presentasi yang dilengkapi alat untuk mengontrol yang dilakukan oleh pengguna yang ditemukan pada penerapan multimedia. Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video, sehingga secara prinsip multimedia merupakan gabungan dari tiga elemen dasar, yaitu suara, gambar, dan teks.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktifdengan langkah-langkah yang sistematis sesuai dengan karakteristik pengembangan, (2) mengetahuiimplikasi pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)pada siswa kelas VII di SMP Islam Al-Azhar Tulungagung

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan tahap analisis, perancangan, produksi, dan revisi. Pada tahap produksi dihasilkan produk awal yang kemudian di review oleh ahli materi dan ahli media. Dari hasil review diadakan revisi sesuai dengan saran kedua ahli tersebut. Pada tahap selanjutnya, produk diuji cobakan kepada siswa dalam skala kecil dan dilanjutkan pada uji coba siswa dalam skala besar, subjek ujicoba adalah siswa kelas VII B di SMP Islam Al Azhar Tulungagung. Data diperoleh dengan angket, skor diberikan dalam skala 1-5. Data kemudian dianalisa sedangkan saran-saran dijadikan dasar merevisi produk.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) bahan ajar berbasis multimedia interaktif ini telah melalui tahap dan prosedur pengembangan sesuai dengan karakteristik pengembangan yaitu diawali dengan analisis, tahap perancangan, dilanjutkan dengan tahap produksi, dan revisi produk. (2) pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Al Azhar Tulungagung berdasarkan hasil uji coba dengan skor rata-rata 4.6 yang termasuk berkategori baik.

ENGLISH:

Insightful learning technology will facilitate learning for students in receiving any information. Moreover, Islamic education will be effective, efficient, and attractive when there is a means of empowerment of Islamic education combined with learning media technology. One of the benefits of adequate educational media use in which teaching will attract more students, so it can increase students' motivation. Media used by teachers in general such as media presentations with tools to control that performed by the user are found on the application of multimedia. Multimedia is a combination of computer and video, principally, multimedia is a combination of three basic elements, that are sounds, images, and texts.

This study aims to: (1) develop teaching material with interactive multimedia-based step-by-step systematically accordance with the characteristics of development, (2) knowing the implications of the teaching materials development with interactive multimedia-based to enhance learning motivation of Islamic Education (PAI) in VII Class in Al AzharIslamic Junior High Scholl of Tulungagung.

This study is a research and development conducted by the analysis phase, design, production, and revision. At this stage of the production generated initial product which is then reviewed by subject matter experts and media experts. The result of a review is continued with a revisionappropriate with the advice of the experts. Next stage, the product tested to students in small-scale trials and continued in the students on a large scale, test subjects were students of VII class in Al AzharIslamic Junior High Scholl of Tulungagung. Data is obtained by questionnaire, a score is given in a scale of 1-5. Then, data isanalyzed with the suggestions as a basis to revise the product.

The results of the research show that, (1) interactive multimedia-based teaching materials have been through the stages and procedures in accordance with the development of the characteristics of development that begins with the analysis, design phase, followed by a phase of production, and product revision. (2) development of teaching materials with interactive multimedia- based can enhance learning motivation of Islamic Education (PAI) in Al AzharIslamic Junior High Scholl of Tulungagung based on the results of the test with an average score of 4.6 which included good category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hady, Samsul
Keywords: Multimedia Interaktif; Motivasi Belajar; Multimedia Interactive; Learning Motivation
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kumala Inayati
Date Deposited: 28 Jul 2016 09:43
Last Modified: 28 Jul 2016 09:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item View Item