Romadhoni, Ringgana Rizki (2016) Pengembangan media pembelajaran papan stik pada materi operasi hitung perkalian siswa kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Perkalian merupakan kajian dalam mata pelajaran Matematika Dasar yang mutlak harus dikuasai oleh para peserta didik. Penguasaan terhadap materi operasi hitung perkalian adalah penting, agar peserta didik dapat menguasai kompetensi dasar lainnya dalam pelajaran Matematika maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan media pembelajaran Papan Stik pada materi operasi hitung perkalian siswa kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kab. Malang, (2) menjelaskan validitas pada media pembelajaran Papan Stik materi operasi hitung perkalian siswa kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kabupaten Malang, (3) menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Papan Stik pada materi operasi hitung perkalian siswa kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kabupaten Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research And Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara dan angket. Data dianalisis melalui cara analisis tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media Papan Stik pada materi perkalian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar, (2) hasil uji coba pengembangan media Papan Stik ini memiliki tingkat kevalidan kevalidan yang tinggi, (3) perbedaan hasil tes uji coba produk pada kelas II A sebagai kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 95,00, sedangkan hasil tes kelas II B sebagai kelas kontrol menunjukkan rata-rata 62,75. Dari hasil uji statistik menggunakan uji-t pada SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 16,249 dan ttabel sebesar 2,023. Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kelas eksperimen dengan nilai kelas kontrol atau secara statistik rata-rata nilai kelas eksperimen dengan menggunakan media Papan Stik lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media Papan Stik.
Multiplication is a study in Basic Math subjects that absolutely must be mastered by the learners. The mastery of the multiplication arithmetic operation material is important, so that learners can be master of basic competence in math and in daily life. So that the learning objectives can be achieved then more efforts are required from teachers in selecting and implementing strategies, methods, and learning media in accordance with the basic competencies.
The purpose of this study was to: (1) describe the instructional media of Stick Board on multiplication arithmetic operation material of grade II MI Al-Ikhsan Turen, Kab. Malang, (2) explain the validity of instructional media of board Stick toward arithmetic operations material of multiplication of grade II MI Al-Ikhsan Turen Malang, (3) explain the differences in learning outcomes of students who use the board Stick media to the arithmetic operations material of multiplication of grade II MI Al -Ikhsan Turen Malang.
To achieve the objectives above, the type of research was research namely Research And Development (R & D). The model used the development model of Borg & Gall. Data collection techniques used interviews and questionnaires. Data were analyzed by means of analysis of the level of validity of products and test data analysis used t-test.
The results showed that, (1) the product resulting from the research and this development formed of Stick boards media on the material multiplication for second grade of elementary school, (2) the trial results of development media of Stick board had high level of validity, ( 3) the test results of the test product on the class II A as an experimental class showed an average of 95.00, while class II B test results as a class of control showed an average of 62.75. From the statistical test using t-test in SPSS values obtained tcount 16.249 and ttable 2,023. So this proved that there were significant differences between the experimental class values with control class value or statistically average values using the experimental class of Stick Board media was higher than the control class that did not use Stick Board media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Papan Stik; Perbedaan Hasil Belajar; Media of Stick Board; Learning Outcomes Differences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dimas Andika Putra | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2016 11:04 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2016 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3897 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |