Rohmad, Yovi Nur (2016) Menggali pendidikan karakter dari kisah-kisah di dalam Al-Quran dan Al-Hadits. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter merupakan usaha sadar dari pendidik untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Nilai-nilai pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan akhlak yang diajarkan oleh Al Quran dalam kisah-kisah para Nabi dan umat terdahulu serta kisah-kisah yang Rosulullah SAW ajarkan dalam Al Hadits. Nilai-nilai pendidikan karakter itu meliputi nilai karakter hubungan dengan Tuhan semesta alam, kepada diri sendiri, kepada orang lain dan kepada lingkungan.
Peneliti mengkaji kisah-kisah di dalam Al Quran dan Al Hadits tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalamnya serta mengkaitkannya dengan teori-teori pendidikan karakter yang telah ada. Peneliti berpendapat bahwa kisah-kisah yang ada di dalam Al Quran dan Al Hadits merupakan sumber nilai-nilai pendidikan karakter karena berkaitan dengan ajaran Islam tentang nilai kesabaran, kebijaksanaan serta nilai-nilai karakter mulia baik menyangkut dengan diri sendiri orang lain dan lingkungan. dalam mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter tersebut peneliti menggunakan buku-buku tentang pendidikan karakter, buku-buku tafsir Al Quran dan buku-buku tentang Hadits shahih agar di temukan data yang kuat dan falid.
Nilai-nilai pendidikan karakter itu dikaji dari kisah-kisah para nabi yang ada di dalam Al Quran serta hamba-hamba shalih yang mempunyai sifat-sifat mulia yang Allah anugerahkan kepada mereka seperti kisah Luqman yang di beri anugerah kebijaksanaan, serta kisah-kisah teladan yang Nabi Muhammad SAW ceritakan sebagai pengajaran kepada sahabat untuk menanamkan karakter mulia kepada mereka. semua kisah-kisah tersebut di kabarkan oleh Al Quran dan Al Hadits sebagai pelajaran agar supaya umat manusia dapat mengambil ibrah dari kisah teladan yang pernah terjadi di masa lalu. kemudian penulis berpendapat bahwa nilai-nilai pendidikan karakter pada kisah-kisah itu dapat ditanamkan dengan baik oleh guru kepada peserta didik karena berkaitan erat dengan ajaran agama islam serta berpedoman pada Al Quran dan Al Hadits sebagai sebaik-baik kisah dan sebaik-baik pengajaran
Penelitian ini merupakan jenis penelitain kepustakaan (library research) yang berusaha mengkaji dan menggali data dari sumber utama Al Quran dan Al Hadits mengkajinya dengan menggunakan buku-buku tafsir Al Quran dan buku-buku Hadits kemudian mengkaitkannya dengan teori-teori pendidikan karakter yang sudah ada setelah itu peneliti mengambil kesimpulan dari temuan-temuan yang sudah ada untuk membuat teori baru yang relevan.
ENGLISH:
Character education is a conscious effort of educators to instill the values of character education to students. The values of character education is closely related to moral education taught by the Quran in the stories of the Prophets and the people of History and the stories that The Prophet have taught in Hadith. The values of character education that includes the character value the relationship with the Lord of the universe, to yourself, to others and to the environment.
Researcher examines the stories in the Koran and the Hadith of the values of character education that is in it and link it with the educational theories of characters that already exist. Researchers argue that the stories contained in the Qur'an and the Hadith is the source of the values of character education as it relates to Islamic teachings about the value of patience, wisdom and values of noble character, either in relation to themselves others and the environment. in assessing the values of the character education researchers used books on character education, books of tafsir Al Quran and books about the authentic Hadith to found strong data and falid.
The values of character education was studied from the stories of the prophets in the Qur'an as well as servants righteous who have noble qualities which God bestowed upon them as the story of Luqman in the given grace wisdom, as well as the stories of exemplary Prophet Muhammad told as teaching to his friend to inculcate noble character to them. all these stories at proclaim the Koran and Hadith as a lesson so that humankind can take ibrah of exemplary stories that have occurred in the past. then the author argues that the educational values of characters in stories that could be implanted well by the teacher to the learner as closely related to the religious teachings of Islam and are guided by the Quran and Hadith as the best of the story and the best teaching
This study is library research, which tries to study and collect data from the main source of the Quran and Hadith studying using books of tafsir Al Quran and books of Hadith and then linking them with educational theories characters that already exist after the researchers concluded from the findings that already exist to create new theories relevant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Smeer, Zeid B | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kisah dalam Al Quran; Kisah dalam Al Hadits; Character Education; The story of the Quran; The Hadith story | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Kumala Inayati | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2016 16:43 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2016 16:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3893 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |