Maulidah, Nur Masyrifatul (2016) Strategi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada kalangan siswa menengah, seperti juga masyarakat pada umumnya gejala masalah pribadi dan sosial ini juga tampak dalam perilaku keseharian siswa. Sikap-sikap individualistis, egoistis, acuh tak acuh, kurangnya rasa tanggung jawab, malas berkomunikasi dan berinteraksi atau rendahnya empati merupakan fenomena yang menunjukkan adanya kehampaan nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk social, individu dituntut untuk mampu mengatasi segala permasalaahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sosial dan mampu menampilkan diri sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku. Oleh karena itu setiap individu dituntut untuk menguasai keterampilan-keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini berfokus pada: (1) Strategi guru IPS dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 4 Malang (2) Kendala yang dihadapai guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 4 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, strategi dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di kelas di SMP Negeri 4 Malang dilakukan dengan cara(1) penggunaan kurikulum 2013 yang digunakan sebagai landasan dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, (2) menggunakan pembelajaran kooperatif dan kontekstual mampu melatih perkembangan keterampilan sosial siswa, (3) mememberi nasihat dan pemahaman perilaku antisosial dalam proses pembelajaran, (4) Menerapkan aturan pembelajaran sebagai batasan dalam perilaku siswa, (5) menerapkan sifat teladanan oleh guru sebagai contoh yang real bagi siswa. Kendala-kendala yang dihadapai guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMPN 4 diantaranya yaitu (1) pengaruh teknologi, penggunaan gadget dapat menghambat keterampilan sosial siswa, karena fakta bahwa siswa akan lebih memilih untuk bermain dengan ponsel yang ada di tangannya daripada berinteraksi dengan orang yang berada disekelilingnya. (2) kepribadian siswa, siswa yang mempunyai kepribadian yang tertutup biasanya ditandai dengan sifat malu yang berlebihan perkembangan keterampilan sosialnya cenderung lebih lamban dibandingkan dengan siswa yang mempunyai sifat atau kepribadian yang terbuka. (3) hubungan keluarga, komunikasi dan interkasi keluarga yang kaku dapat menghambat keterampilan sosial siswa, sebaliknya komunikasi dan interkasi keluarga yang kaku atau fleksibel dengan keluarga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial siswa. (4) hubungan teman sebaya, mayoritas anak-anak belajar mengembangkan keterampilan sosial baik dengan proses modelling (mencontoh) terhadap perilaku teman sebaya mereka.
ENGLISH:
Among the students of secondary, as well as society in general symptoms of personal and social issues also appear in the everyday behavior of students. Individualistic attitudes, egotistical, indifferent, the lack of a sense of responsibility, lazy communicate and interact or lack of empathy is a phenomenon that shows the existence of emptiness of social values in everyday life. As social beings. The individual claimed to be able to overcome all the problems that arise as a result of interaction with the social environment and are able to present themselves in accordance with the rules or norms in force. Therefore each individual required to master the social skills and capability adaptability to the environment around it.
This research focuses on the: (1) strategies of teacher performance performance strategy of social science teachers in learning to develop the social skills of students in SMPN 4 malang (2) Teacher ocpnstraints faced in developing the social skills of studentsin SMPN 4 Malang.
This research used a qualitative research approach with the kind of case study research. Technical data collection: the techniques of observation, interviews, and documentation analyzed with data reduction, i.e. the representation of the data, and draw conclusions.
The results showed, in the implementation of learning strategies for developing social skills of students in class in the SMP 4 are: (1) the use of curriculum 2013 which is used as the cornerstone for developing social skills of students, (2) using learning "study center" was able to train developing social skills of student, (3) advising and antisocial behavior understanding in the learning process, (4) Apply the regulation of learning as a limitation in the behavior of students, (5) apply the properties of the example by the teacher as an example of a real being for students. Teacher ocpnstraints faced in developing the social skills of studentsin SMPN 4 Malang, among them are (1) the influence of technology, the use of gadgets can hinder the social skills of students, due to the fact that students would prefer to play with mobile phones that are in his hand than interacting with her. (2) the personality of the students, students who have a personality that is closed is usually marked by excessive development of bashfulness social skills tend to be more sluggish than with a student who has an open or personality traits, (3) Family relationship, communication and called a rigid family can hinder student social skills, communication and instead called the family of rigid or flexible with families can help improve social skills of students. (4) peer relationship, the majority of the students learn to develop good social skills with the modelling process (modeled) against the behavior of peers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi guru; Ilmu pengetahuan sosial; Keterampilan sosial; Strategy teacher; Social science; Social skill | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Kumala Inayati | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 15:57 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 15:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3868 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |