Rahmawati, Ika (2016) Hubungan interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12140101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hubungan dengan teman sebaya memiliki sejumlah peran penting dalam perkembangan pribadi dan sosial anak. Salah satu fungsi terpenting teman sebaya yaitu memberikan sumber informasi dan perbandingan tentang dunia di luar keluarga. Anak-anak menerima umpan balik tentang kemampuan mereka dari grup sebaya nya. Dengan adanya interaksi antar siswa baik di kelas maupun di luar kelas terbentuklah suatu perkumpulan yang dapat dijadikan salah satu sumber motivasi ekstrinsik, yaitu teman sebaya. Kebersamaan dengan waktu lama di sekolah dapat memberikan motivasi tersendiri dalam proses belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan tingkat interaksi teman sebaya siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang, (2) menjelaskan tingkat motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang, (3) mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik populasi, sehingga semua siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang menjadi subjek penelitian yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan skala atau angket. Skala yang digunakan adalah skala interaksi teman sebaya dan motivasi belajar. Teknik korelasi Product Moment digunakan untuk menguji hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar. Kemudian mengkategorisasikan tingkat interaksi teman sebaya dan tingkat motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat interaksi teman sebaya pada kategori rendah sebesar 20,6% (7 siswa), sedang sebesar 58,8% (20 siswa) dan tinggi sebesar 11,8% (4 siswa). Untuk tingkat kategori motivasi belajar rendah sebesar 17,7% (6 siswa), sedang sebesar 52,8% (18 siswa) dan tinggi sebesar 17,7% (6 siswa). Hasil korelasi antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar menunjukkan angka sebesar 0,417 dengan nilai probabilitas berada dalam rentang angka 0,000 yang berarti ≤ 0,05. Hubungan tersebut termasuk kategori cukup kuat dengan sifat hubungan yang positif. Artinya, semakin tinggi tingkat interaksi teman sebaya yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.
ENGLISH:
Relationships with peers have a number of important roles in the development of personal and social development. The most important functions of peers is to provide resources and comparison about the world outside the family. Children receive feedback on their capabilities of its peer group. The interaction among students both in the classroom and outside the classroom formed an association which may be one source of extrinsic motivation, namely peers. Togetherness within long time at school can provide its own motivation in the learning process.
The purpose of this study is to: (1) explain the level of peer interaction of fifth grade students of State Primary School 01 of Dinoyo, Malang, (2) explain the motivation level of the fifth students at State Primary School 01 of Dinoyo, Malang, (3) determine the relationship between peer interaction with students' motivation in fifth grade State Primary School 01 of Dinoyo, Malang.
To achieve the above objective, quantitative research approach is used with the type of correlational research. Sampling using the population was done, so that all fifth grade students of State Primary School 01 of Dinoyo, Malang totaling 34 students are the subject of study. Data collection method used is the documentation and scale or questionnaire. The scale used is the scale peer interaction and motivation to learn. Product Moment correlation technique is used to examine the relationship between peer interaction with the motivation to learn, then categorize the level of peer interaction and the level of student motivation.
The results showed that the level of peer interaction in the low for 20.6% (7 students), the middle for 58.8% (20 students) and a high for 11.8% (4 students). For the category of learning motivation level is low level is 17.7% (6 students), the high is for 52.8% (18 students) and high at 17.7% (6 students), The correlation between peer interaction with the motivation to study showed the number of 0.417 with a probability value is in the range of 0,000 numbers, which means ≤ 0.05. The relationship category is strong enough with the positive nature of the relationship. It is, the higher level of peer interaction of the students, the higher students' motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi Teman Sebaya; Motivasi Belajar; Interaction Peers; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 15:55 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 15:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3860 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |