Pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Tajinan Malang

Azizah, Nur (2016) Pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Tajinan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian tentang pengembangan buku bergambar ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat membantu siswa dalam menulis puisi. Selain itu, kesulitan siswa dalam menentukan tema puisi yang akan dibuat juga menjadi permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini. Melalui buku bergambar ini siswa bisa menangkap suatu ide dan mengungkapkan gagasan baru sehingga dapat menjadi stimulus dalam proses pembelajaran.

Pengembangan media buku bergambar ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan produk berupa media buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas III MI Darussalamah Tajinan, 2) Menjelaskan hasil kemenarikan media buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas III MI Darussalamah Tajinan, 3) Mengetahui hasil fektivtas penggunaan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas III MI Darussalamah.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian pendidikan dengan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah dalam pengembangannya.

Hasil pengembangan media pembelajaran buku bergambar ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 84%, dan ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 100%. Uji coba lapangan utama mencapai tingkat kevalidan 91% yang menunjukkan bahwa media buku bergambar efektif dan menarik. Sedangkan dalam penerapan pembelajaran di kelas, hasil pre-test siswa mendapat nilai 63,33 dan hasil post-test siswa mendapat nilai 80,33. Berdasarkan analisis menggunakan uji T menghasilkan thitung 7,798 dan ttabel 2,069 yang artinya thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas 3 MI Darussalamah sebelum dan sesudah menggunakan media buku bergambar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media buku bergambar ini adalah diharapkan adanya penelitian tentang pengembangan media tentang pembelajaran karya sastra selain puisi seperti prosa dan pantun.

ENGLISH:

Research of the development of this picture book is formulated by the lack of Indonesian learning media that can help students in writing poetry. In addition, the student's difficulties in determining the theme of the poem that will be made, it is also a fundamental problem in this study. Through this picture book that students can catch an idea and express new ideas that also can be a stimulus in the learning process.

Picture book media development aimed to: 1) develop products in the form of instructional media on Indonesian subjects of poetry writing material of class III MI Darussalamah Tajinan, 2) explanation attractiveness of learning media of picture book of poetry writing material of class III MI Darussalamah Tajinan, 3) determine the effectiveness of learning media of picture book of poetry writing material of class III MI Darussalamah Tajinan.

To achieve the purpose above used educational research to the type of research of Research and Development (RnD) by using two types of data, namely quantitative data and qualitative data. Development of instructional media referred to the Borg and Gall models by using a six-step in its development.

The result of the development of instructional media of picture book was valid criteria with the test results matter of experts reached the 80% level of validity, media design of experts reached the 84% level of validity, and learning of experts reached the level of validity of 100%. The main field trials reached the 91% level of validity which indicated that the picture book media was effective and attractive. Whereas in the application of learning in the classroom, pre-test results of students scored 63.33 and post-test results of students scored 80.33. Based on the analysis that using T test produced tcount 7.798 and ttable 2.069, which means that tcount was higher than t table. So it can be concluded that there were significant differences in the level of ability to write poetry of Grade 3 of MI Darussalamah before and after using the picture book media. The advice given was based on the results of the development of this picture book media was expected the research on the development of media on learning literature in addition to poetry as prose and rhyme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Soleh, Ahmad
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Buku Bergambar; Menulis Puisi; Kelas III SD/MI; Development; Learning Media; Picture Books; Poetry Writing; Class III SD / MI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:55
Last Modified: 27 Jul 2016 08:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item