Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis laboratorium virtual pada materi rangkaian listrik Kelas VI MI Nurul Huda Bangsri

Hamida A.M., Linati (2016) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis laboratorium virtual pada materi rangkaian listrik Kelas VI MI Nurul Huda Bangsri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12410014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img] Other (Appendices)
12140014.rar - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (179MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Laboratorium virtual adalah satu bentuk laboratorium dengan kegiatan pengamatan atau eksperimen dengan menggunakan software yang dijalankan oleh sebuah komputer, berupa software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi. Laboratorium Virtual diperlukan untuk memperkuat pemahaman konsep dalam proses pembelajaran IPA pada materi rangkaian listrik. Laboratorium Virtual bukanlah pengganti tetapi bagian dari Laboratorium real yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada Laboratorium Virtual bukanlah pengganti tetapi bagian dari Laboratorium real yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik, mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual jika digunakan pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik, mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dan hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik setelah diimplikasikan media pemnbelajaran berbasis laboratorium virtual di kelas VI MI Nurul Huda Bangri.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Reserch and Development (R & D), mengacu pada model Borg and Gall yang diadaptasi menjadi sembilan langkah yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan, 7) revisi, 8) uji lapangan, dan 9) revisi produk akhir.

Kesimpulan dari hasil pengembangan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada pelajaran IPA materi rangkaian listrik di kelas VI MI Nurul Huda Bangri yaitu dihasilkan produk media pembelajaran berbasis laboratorium virtual materi rangkaian listrik yang di lengkapi dengan praktikum (simulasi), materi, dan evaluasi dari hasil validitas ahli isi 91,25%, ahli media 80% serta ahli pengembangan 80%. Tingkat kemenarikan media pembelajaran laboratorium virtual mencapai 82,5% masuk kategori sangat menarik, serta diperolehan hasil belajar berdasarkan uji lapangan yang diukur dengan menggunakan uji-t terdapat hasil belajar yang menunjukkan bahwa yang artinya ada pengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep materi rangkaian listrik, dengan menggunakan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual yang dikembangkan untuk kelas VI MI Nurul Huda Bangsri.

ENGLISH:

Virtual laboratory is a laboratory form with observation activity or experiment by using software that is run by a computer, such as computer software that has the ability to perform mathematical modeling of computer equipment that is presented through a simulation. Virtual Laboratory is required to strengthen the understanding of the concept in the process of learning science in electrical circuit material. Virtual Laboratory is not a substitute but a part of a real laboratory used to supplement and improve existing weaknesses.

The aim of research and development was to produce instructional media-based virtual labs in science study subjects of electrical circuit material, determine the level of attractiveness of the learning media-based virtual lab in science subjects of electrical circuits material, know an improved understanding of the concept of the student and student learning outcomes in electrical circuit material after learning media implicated based on virtual labs in class VI MI Nurul Huda Bangsri.

This research was the development of Research and Development (R & D), which referred to the nine-step model of Borg and Gall, namely: 1) early research and information, 2) planning, 3) the development of the format of the initial product, 4) the initial trial, 5) product revision, 6) field trials, 7) revision, 8) field test, and 9) the revision of the final product.

The conclusions from the development of instructional media-based virtual labs on science lesson of electrical circuits material in class VI MI Nurul Huda Bangsri produced learning media products based on virtual lab of electrical circuit materials that was equipped with a lab (simulation), materials, and evaluation of the results of the validity of the expert content of 91.25%, media expert of 80% and an expert on the development of 80%. The level of attractiveness of the virtual laboratory of learning media reached 82.5% categorized as very attractive, as well as the result of learning based on the field test that measured using t-test. There was learning outcomes that showed t count>t table meant that there was significant influence on improved concept understanding of the material of electrical circuits, with learning media based on virtual labs developed for class VI MI Nurul Huda Bangsri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abtokhi, Ahmad
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Laboratorium Virtual; IPA SD/MI; Development; Learning Media; Virtual Laboratory; IPA of Elementary School (Islamic or Public)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:55
Last Modified: 27 Jul 2016 08:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item