Problematika pembelajaran IPS bagi siswa SMP Negeri 2 Nguling Pasuruan

Agustina, Cahya Wulan (2016) Problematika pembelajaran IPS bagi siswa SMP Negeri 2 Nguling Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130141.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bersifat terpadu (integrated) bertujuan ”agar mata pelajaran ini lebih bermakna bagi peserta didik sehingga pengorganisasian materi/bahan pelajaran disesuaikan dengan lingkungan, karakteristik, dan kebutuhan peserta didik”. Mata pelajaran IPS merupakan seleksi dan integrasi dari disiplin ilmu- ilmu sosial dan disiplin ilmu- ilmu lain yang relavan, dikemas secara psikologis, ilmiah, dan sosio- kultural, untuk tujuan pendidikan. Untuk memahami masalah pendidikan IPS seseorang hendaknya memiliki pemahaman yang baik tentang disiplin ilmu- ilmu sosial yang meliputi struktur, ide, fundamental, pertanyaan pokok (mode of inquiri), metode yang digunakan dan konsep- konsep setiap disiplin ilmu, disamping pemahamannya tentang prinsip- prinsip kependidikan dan psikologis serta permasalahan sosial”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Mendeskripsikan Siswa SMP Negeri 2 Nguling Pasuruan malas untuk mengikuti Pembelajaran mata pelajaran IPS. (2) Mendeskripsikan yang diharapkan oleh para siswa agar termotivasi untuk mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPS.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pengamat dalam observasi. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, yaitu dari banyak data yang terkumpul dari catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dikelompokkan dan diorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang dirumuskan oleh peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Beberapa faktor yang menyebabkan siswa di SMP Negeri 2 Nguling Pasuruan malas dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPS adalah (a) Guru yang selalu menggunakan metode ceramah dalam mengajar (b) Kurangnya penggunaan media pembelajaran (c) Guru kurang menguasai kelas (d) Suara guru yang kurang keras. (2) hal- hal yang di harapkan para siswa untuk bias termotivasi dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPS diantaranya adalah (a) Guru harus bias menguasai kelas dengan baik (b) adanya metode dan media pembelajaran yang bervariasi (c) Adanya permainan/ games (d) Adanya kuis (e) Adanya pembelajaran di luar kelas.

ENGLISH:

Learning social science in Junior high school that is unified purpose “ so that these subjects are more meaningfull for learners so that organizing materials/ learning material adapted to the environment, characteristics and need of learners”. Subjects social science is the selection in integration of this diciplines of social science diciplines and other relavant science, packaged in a psychological, scientific and socio- cultural, for the purpose of education. To understand the problems of education social science one should have a good understanding of social science. Diciplines in cluding structure, ideas, fundamental, basic question, the methos used and cocepts of each discipline as well as his understanding of the principies of education and psychological and social problems.

The purpose of this research are; (1) to describe all of studients of junior high school 2 NgulingPasuruan lazy to follow the teaching of subjects social science. (2) to describe which is expected by studients to be motivated to follow the teaching of social science.

To active the above purpose, used qualitative approach with descriptive research. Collecting datausing the method of observation, interviews, and documentation. Author role as an observer in the observation. As for the data analysis the author use a variety of data collected from field notes, interview and documentation. Then grouped and organized so as to answerthe problem formulation formulated by research.

The results showed that (1) several factors led to studentds of Junior High School 2 NgulingPasuruan lazy in the following study subject social science is (a) teachers who always use the lecture method of teaching (b) lack of used medium of learning (c) the teacher is less control of class room (d) the teachers voice less loud. (2) It is expected the students to be motivated to follow the teaching of subjects such social science is (a) Teacher must be able to master clases with well (b) their methods and instructional media were varied (c) their games (d) their quiz (e) their learning outside the classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Problematika; Pembelajaran IPS; Problematic; Students IPS
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Kumala Inayati
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:57
Last Modified: 27 Jul 2016 08:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item