Hamidah, Ayu Nur (2016) Pola pendidikan multikultural dalam mewujudkan kerukunan hidup antar umat beragama: Studi kasus di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Negara Idonesia merupakan negara yang kaya akan keragamannya. Keragaman suku, budaya, adat istiadat, bahasa dan agama menjadikan negara Indonesia sebagai suatu negara yang berbeda dengan negara lain. keragaman yang ada di Indonesia ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus diterima, diakui dan dihormati. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang multikultur. Untuk mewujudkan dan mendukung multikulturalisme yang ada di Indonesia diperlukan adanya rasa toleransi, saling menghormati dan menghargai. Rasa toleransi, saling menghormati dan menghargai ini bisa dipupuk melalui pendidikan multikultural.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memahami keadaan sosio-kultural masyarakat Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, (2) memahami bentuk kerukunan hidup antar umat beragama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, (3) memahami pola pendidikan multikultural yang diterapkan masyarakat Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan dalam mewujudkan kerukunan hidup antar umat beragama.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya akan diperkuan dengan menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi sosio-kultural masyarakat Desa Balun bersifat plural dengan adanya tiga macam agama, yaitu Islam, Kristen dan Hindu.(2) Bentuk kerukunan hidup antar umat beragama di Desa Balun diantaranya ialah adanya gotong royong, saling mengahdiri undangan, dan saling tolong menolong. kerukunan hidup antar umat beragama di Desa Balun terwujud dengan baik, harmoni dengan indikasi tidak adanya konflik, (3) pola pendidikan multikultural yang diterapkan oleh masyarakat untuk mewujudkan kerukunan adalah melalui pendidikan keluarga, pendidikan agama dan adat istiadat yang ada.
ENGLISH:
Indonesia is the rich country is a rich country which is diversity. The diversity of tribes, culture, customs, language and religion make Indonesia as a country different from other countries. The diversity that exists in Indonesia it was the richness of Indonesia must be accepted, recognized and respected. This shows that Indonesian people is a multicultural society. To realize and support multiculturalism that exists in Indonesia required the existence of tolerance, mutual respect and appreciate. Tolerance, mutual respect and appreciate this can be fostered through multicultural education.
The purpose of this research are: (1) to understand the socio-cultural circumstances of the Balun, Turi, Lamongan (2) to understand the harmony between religious life in Balun, Turi, Lamongan (3) to understand multicultural education that applied in Balun, Turi, Lamongan in realizing harmony between religious life.
To reach the objectives, the reasercher use qualitative research approach with observation, interview and documentation. Data analysis techniques used in this research is descriptive qualitative analysis techniques. Whereas the validity of the data will be reinforced by using triangulation technique and reference materials.
The results showed (1) the condition of the socio-cultural community in Balun village are plural nature with three kinds of religion, namely Islamic, Christianity and Hinduism. (2) the form of harmony between religious life in Balun village are mutual, mutual invitations to attend,help each other. The harmony between religious life in Balun village manifest with either, harmony that there was no indication of conflict, (3) multicultural education applied by the community in order to realize the harmony is through family education, religious education and customs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola pendidikan multikultural; Kerukunan hidup; Umat beragama; Multicultural education patterns; Religious life; Harmony | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Kumala Inayati | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 15:57 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 15:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |