Mubarok, A.F. Zaky (2016) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan nilai-nilai tasamuh siswa di Sekolah Dasar Negeri Wirotaman III Ampelgading Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran nilai tasamuh sangatlah penting demi membentuk pribadi siswa yang memiliki sikap lemah lembut, gotong royong, saling memahami, dan sikap bermusyawarah. Dalam lingkungan yang berbeda agama, pembelajaran nilai tasamuh menjadi solusi yang tepat untuk mempersiapkan siswa dalam hidup bermasyarakat. Karena perlu diketahui sekolah merupakan gambaran kecil dari lingkungan bermasyarakat. Jadi sebelum siswa terjun ke lingkungan masyarakat yang sebenarnya dan lingkungan masyarakat tersebut terdapat perbedaan agama maka pembelajaran nilai tasamuh sejak dini menjadi pembelajaran yang membekas bagi siswa. karena untuk bergaul dengan umat yang berbeda agama pastinya butuh beberapa ilmu dan tatacaranya tersendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendiskripsikan nilai-nilai tasamuh yang ada di Sekolah Dasar Negeri Wirotman III Ampelgading Malang, 2) mendiskripsikan strategi dan model pembelajaran yang diajarkan kepada siswa tentang pengembangan nilai-nilai tasamuh di Sekolah Dasar Negeri Wirotaman III Ampelgading Malang, 3) mendiskripsikan hambatan dan pendukung dalam pembelajaran nilai-nilai tasamuh siswa di Ssekolah Dasar Negeri Wirotaman III Ampelgading Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskripti kualitatif yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai data yang diperoleh dari lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) nilai-nilai tasamuh yang ada di Sekolah Dasar Negeri Wirotaman III Ampelgading Malang diantaranya adalah menghargai antara satu sama lain dalam hal berbusana sesuai dengan aturan agamanya masing-masing, 2) model dan strategi pembelajaran yang diajarkan dalam mengembangkan sikap tasamuh siswa adalah dengan model pembelajaran yang terfokus kepada siswa dan lebih menekankan kepada praktik dilapangan, 3) hambatan dan pedukung dalam proses pembelajaran nilai tasamuh di Ssekolah Dasar Negeri Wirotaman III Ampelgading adalah kurangnya media pembelajaran yang mendukung di sekolah dan faktor pendukung dari pembelajaran nilai tasamuh ada kondisi lingkungan sekolah yang strategis karena terdapat nuansa perbedaan agama yang sangat kental sehingga siswa mampu untuk benar-benar belajar tentang hidup saling menghargai dan memahami satu sama lain.
ENGLISH:
Learning the value of tasamuh is important in order to form a personal student who has a gentle demeanor, mutual cooperation, mutual understanding, and attitude deliberation. Religion in different environments, learning management tasamuh be the perfect solution for preparing students in civic life. Because you need to know school is a small picture of the social environment. So before students plunge into the real social environment and community environment that there are differences in religion then tasamuh early learning value becomes a lasting learning for students. because to get along with people of different religions certainly need some knowledge and the procedures of its own.
The purpose of this study was to 1) describe the values tasamuh in State Elementary School Wirotman III Ampelgading Malang, 2) describe the strategies and learning model that teaches the students about the development of values tasamuh State Primary School Wirotaman III Ampelgading Malang, 3 ) describe the obstacles and support in learning the values tasamuh rate in elementary students in Negeri Malang Ampelgading Wirotaman III.
To achieve the above purpose, use descriptive qualitative research approaches that contain explanations about the data obtained from the field. The key instrument is the researchers themselves, and data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. And analyzed by reducing irrelevant data, presented data and draw conclusions.
The results showed that, first) values tasamuh in State Elementary School Wirotaman III Ampelgading Malang them is respect between each other in dress in accordance with the rules of their respective religions, second) models and learning strategies taught in developing an attitude tasamuh student is learning model that is focused on students and more emphasis on the practice field, third) barriers and advocates in the learning process value tasamuh at the rate in elementary State Wirotaman III Ampelgading is the lack of media learning support in schools and supporting factors of the learning value tasamuh there school environment is strategic because there are shades of difference of religion is very thick so that students are able to really learn about life respect each other and understand each other.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tasamuh; Guru Pendidikan Agama Islam; Siswa; Islamic Education Teachers; Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 11:07 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 11:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3831 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |