Huda, Ahmad Khoirul (2016) Upaya kepala sekolah dalam peningkatan self-control siswa melalui budaya religius di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendidikan SMPN 1 Ngasem Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Self control merupakan sisi positif yang mutlak dimiliki oleh setiap manusia, dimana self control merupakan penentu perilaku yang mencerminkan dan menempatkan manusia pada kedudukannya sebagai khalifah di bumi. Self control merupakan kemampuan manusia dalam mengendalikan diri dan menempatkan diri sesuai pada situasi yang terjadi di lingkungan maupun peristiwa dalam hidupnya, yang merupakan kecakapan untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku Self control dapat terwujud dengan baik pada diri peserta didik pada khususnya. yang menjadi kewajiban sekolah untuk dapat menjadikan kepribadian siswa yang utuh dan dapat menempatkan dirinya pada masyarakat dan tujuan-tujuan pendidikan pada umumnya. self control dapat terwujud melalui adanya tauladan dan pengalaman pada setiap individu, dan tentunya lembaga pendidikan menjadi sarana pembentukan self control yang paling utama dimana lembaga pendidikan merupakan tempat untuk mengembangkan potensi pada diri siswa, di tunjang dengan adanya program-program penunjang pembelajaran dimana sosok kepala sekolah merupakan tokoh penting dalam penentuan program dan dalam keberhasilan dari program salah satunya yaitu penerapan budaya religius UPTD SMPN 1 Ngasem, Bojonegoro.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah UPTD SMPN 1 Ngasem, Bojonegoro dalam melaksanakan sebuah program berupa budaya religius memuat serangkaian kegiatan kegitan yang dapat memicu hingga meningkatkan self-control pada diri siswa, hingga hasil maksimal dapat diwujudkan oleh lembaga tersebut yang tercermin dari perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Guna mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai data yang didapat oleh peneliti yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian. Instrument kunci adalah kepala sekolah UPTD SMPN 1 Ngasem, Bojnegoro dan peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala sekolah UPTD SMPN 1 Ngasem Bojonegoro melaksanakan beberapa strategi dan tahapan-tahapan dalam melaksanakan kebijakan yang ada di lembaga tersebut, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tahapan institusionalisasi program.dalam kaitannya budaya religious, Kepala sekolah juga mengadakan kerjasama dengan ahli dalam pelaksanaan maupun penguasaan materi mengenai program tersebut guna memaksimalkan terwujudnya tujuan dari kebijakan tersebut dan keberhasilan dalam pendidikan secara keseluruhan.
ENGLISH:
Self control is an absolute positive side possessed by every human being, where self-control is a key determinant of behavior that reflect and put a man in his position as inheritors of the earth. Self control is the human9 ability to control themselves and put themselves according to the situation that occurs in the environment as well as events in his life, which is a skill to be able to behave in accordance with the applicable rules of self-control can be realized by either the self-learners in particular. the duty of the school to make students character intact and can place themselves in society and the goals of education in general. self-control can be realized through their role models and experiences in each individual, and of course, the institution became a means of formation of self-control is the most important where the institution is a place to develop the potential of the student, supported with their supporting programs of learning in which the figure of the headmaster is an important figure in determining the success of the program and the program one of which is the application of religious culture UPTD SMPN 1 Ngasem, Bojonegoro.
The purpose of this study was to describe the efforts of the principal UPTD SMPN 1 Ngasem, Bojonegoro in implementing a program in the form of religious culture includes a series of activities activity that can lead to increasing self-control on the student, until maximum results can be realized by the institution, reflected in the behavior students in everyday life.
In order to achieve the above goals, use descriptive qualitative approach which contain explanations of the data obtained by researchers who conducted three cycles of study. Key instrument is the principal of SMPN 1 Ngasem UPTD, Bojnegoro and researchers themselves, and data collection techniques used were observation, interview. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presented data and draw conclusions.
The results of this study show that, the principal of SMPN 1 Ngasem Bojonegoro UPTD implement some of the strategies and the stages in implementing existing policies at the agency, from planning, implementation, evaluation, and institutionalization phase relation program.dalam religious culture, Principals also entered into a collaboration with experts in the implementation and mastery of the material about the program in order to maximize the realization of the policy objectives and success in education as a whole.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Self-Control; Budaya Religius; Principal; Religious Culture | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 11:07 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 11:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3824 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |