Implementasi pendidikan multikultural dalam meningkatkan etika siswa di Kelas VII MTsN Denanyar Jombang

Afriyadi, Muhammad Muchsin (2016) Implementasi pendidikan multikultural dalam meningkatkan etika siswa di Kelas VII MTsN Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

MTsN Denanyar Jombang merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pendidikan multikultural dalam meningkatkan etika siswa kelas VII di MTs N Denanyar Jombang; (2) mengetahui dampak pendidikan multikultural dalam meningkatkan pemahaman etika siswa kelas VII di MTs N Denanyar Jombang.

Tujuan Pendidikan multikultural adalah proses penanaman cara hidup menghormati, tulus, dan toleran terhadap keanekaragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Dengan pendidikan multikultural, diharapkan adanya penyesuaian mental bangsa menghadapi benturan konflik sosial, sehingga siswa siswi dapat menyaring perilaku baik dan buruknya dalam kehidupan sosial, Pendidikan yang memperhatikan etika siswa pada pembelajaranya adalah hal penting di MTsN Denanyar karena dapat menata moral siswa dalam berinteraksi di luar sekolah dan menjadikan siwa yang berakhlak.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru IPS, dan beberapa siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di MTsN Denanyar Jombang yaitu pada pembelajarannya guru mata pelajaran harus menilai dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik, aspek-aspek inilah yang menjadi patokan utama guru dalam mengawasi kegiatan pembelajaran di MTsN Denanyar Jombang kelas VII, guru menilai pembelajaran multikultural karena pembelajaran multikultural menjadikan etika siswa dalam pengaplikasian di kehidupan nyata. 2) Dampak pendidikan multikultural di MTsN Denanyar Jombang dalam meningkatkan etika siswa yaitu pihak MTsN Denanyar menerapkan pembelajaran yang didapat dari kegiatan belajar mengajar untuk membentuk siswa lebih beretika dan memiliki akhlak yang baik, pembelajaran beretika dinilai adalah pembelajaran yang mengkonsepkan pembelajaran yang bertolak atau berpedoman pada perilaku di kehidupan siswa, siswa yang pintar cerdas dan memiliki wawasan yang luas kurang memiliki arti yang baik ketika etika dalam kehidupan tidak diterapkan dalam di kehidupan bermasyarakat.

ENGLISH:

MTsN Denanyar Jombang is a school that implementing multicultural education, so it needs to be studied more in depth on the implementation of multicultural education in social studies learning. The purpose of this research are: (1) to know the implementation of multicultural education to improving students’s ethics in class VII MTsN Denanyar Jombang; (2) to know the impact of of multicultural education to improving students’s ethics in class VII MTsN Denanyar Jombang.

Interest Multicultural education is a process of planting a way of life respect, sincere, and tolerant of diversity of cultures living in the midst of a plural society. With multicultural education, expected their mental adjustment nation faced a conflict of social conflicts, so that students can refine the behavior of good and bad in social life, education that takes into account the ethics of student learning is important in MTsN Denanyar because it can set the morale of students to interact outside of school and making disciples who have a certain.

This reserach is used qualitative approachment with descriptive character. The data collection techniques used are observation, interview, and documentation. The data were analyzed by data reduction, display data and conclusion / verification. Informants consisted of the vice principal areas of curriculum, vice principal field of student affairs, social studies teacher and some students.

The result of this reserach showed that: 1) Implementation of multicultural education in social studies learning in MTsN Denanyar Jombang is at learning teachers must assess aspects of affective, cognitive and psychomotor aspects which is the teachers’s main purpose The learning of subject teachers must assess aspects of affective, cognitive and psychomotor aspects which is the main criterion teachers in supervising learning activities in MTsN Denanyar Jombang class VII, teachers assess multicultural learning for multicultural learning making ethics the students in the application in real life , 2) The impact of multicultural education in MTsN Denanyar Jombang in improving the ethics of students that party MTsN Denanyar apply the lessons learned from teaching and learning activities to form students more ethical and have good morals, learning ethical assessed is learning that conceptualize learning contradictory or based on the behavior in the lives of students, students who are smart intelligent and have extensive knowledge lacking good sense when ethics in life is not applied in in community life.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Pendidikan Multikultural; Pembelajaran IPS; Etika Siswa; Multicultural Education; Social Learning; Student Ethics
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:08
Last Modified: 27 Jul 2016 04:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item