Ismail, Kukuh Azhari (2016) Fenomena permainan game online Defense of the Ancients (Dota 2) pada prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09130036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Fenomena game online sudah tidak asing lagi dikehidupan masyarakat khususnya mahasiswa. bermain game online seolah menjadi gaya hidup tersendiri dan banyak digemari kalangan segala usia karena bisa memberi bentuk rasa kepuasaan dan untuk mengisi waktu luang. Permainan game online sekarang yang lagi popular adalah dota 2. Game online ini berjenis strategi yang membuat para pemainya menjadi ambisius. Game online sebenarnya baik untuk ajang rekreasi mahasiswa tetapi ketika tidak bisa mengontrol diri akan menjadi candu dan berakibat pada menurunya prestasi akademik dikampus.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan bagaimana fenomena permainan game online Dota 2 dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di kota Malang. (2) Menjelaskan bagaimana fenomena permainan game online Dota 2 terhadap prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi di kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa metode observasi, metode wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan reduksi data,penyajian data kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa fenomena permainan game online Dota 2 dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di kota malang sangat digemari karena game strategi,bertemu dan berkenalan dengan banyak teman,gratis,dan permainan yang seru sekaligus menantang tetapi game online ini jika sudah menjadi candu akan membuat prestasi akademik mahasiswa menurun. Berikut cara untuk mengatasi fenomena candu game online dota 2 dikalangan mahasiswa : 1. Merancang kembali target kuliah 2. Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat 3. Kurangi pergaulan dengan para pemain game 4. Pikirkan selalu dampak buruknya 5. Mempunyai pikiran hemat 6. Perkuat hubungan dengan Allah.
ENGLISH:
The phenomenon of game online is already familiar in people life, particularly for college students. Playing online game becomes a life style and a favorite of all ranges of age for it can give satisfaction and to spend their leisure time. Online game which is currently popular is dota 2. This online game belongs to strategy category which makes the players ambitious. Online game is actually good for students recreation but when we cannot control ourselves, it can be addictive and result in decreasing academic achievement in the college.
The aim of this study is (1) to describe how the phenomenon of online game Dota 2 among college students in Malang. (2) To describe how the phenomenon of online game Dota 2 on academic achievement of college students in Malang.
This study uses qualitative-descriptive approach and data collection technique in form of observation, interview method, and documentation. Meanwhile, data analysis technique employed by the researcher is data reduction, data presentation and generating conclusion.
The analysis result can be concluded that the phenomenon of online game Dota 2 among the college students in Malang is a favorite for it is a strategy game; they can meet with friends; it is free, and exciting and challenging game, but this game is addictive and make the academic achievement of students decrease. Here are the ways to overcome the phenomenon of being addicted by online game dota 2 among the college students : 1. Re-designing the course target 2. Filling leisure time with useful activities 3. Reducing the interaction with game players 4. Thinking at any time of the adverse effects 5. Having thought to save money 6. Strengthening the relationship with God.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Game Online; Dota 2; Prestasi Akademik; Academic Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 11:08 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 11:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3814 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |