Konsep diri seorang mahasiswa penghafal Al-Qur’an di HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Giyanto, Cipta (2016) Konsep diri seorang mahasiswa penghafal Al-Qur’an di HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12410204.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Menurut direktur ma’had Dr.Isroqunnajah pada umumnya seorang Mahasiwa Penghafal Al-Qur’an dari pandangan guru-guru, orang-orang yang berilmu, para dosen-dosen dan masyarakat adalah orang yang baik, tawadhu’ mengamalkan Al-Qur’an dan bisa menjadi benteng masyarakat khususnya di HTQ UIN Maliki Malang. Menurut Hurlock Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki oleh individu tentang dirinya yang meliputi kondisi fisik, psikologis, sosial dan emosional, aspirasi dan prestasi. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana konsep diri seorang mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Kedua, Apa Faktor-faktor konsep diri pendukung dan penghambat didalam menghafal Al-Qur’an di HTQ Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu Pertama, Mendeskripsikan bagaimana konsep diri mahasiswa penghafal Al-Qur’an di HTQ Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kedua, Untuk Mengetahui Apa sajakah Faktor-faktor konsep diri yang mendukung dan menghambat seorang mahasiswa di HTQ Universitas Islam Negeri Maulana malik Ibrahim Malang.

Untuk meneliti hal tersebut digunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Mentranskripsikan rekaman hasil wawancara kedalam tuliasan.

Hasil penelitian didapatkan bahwa kedua subyek penelitian memiliki 1).Aspek konsep diri fisik dan prilaku 2). Aspek konsep diri penampilan3) Aspek konsep diri keluarga 4) Aspek konsep diri psikis 5). Aspek konsep diri pribadi A. Keyakinan B. Kemampuan C. Motivasi D. Mengamalkan 6) Aspek Konsep diri moral dan etik7) Aspek konsep diri sosial A.Guru B. Teman Sebaya 1).pendukung yang mempengarui konsep diri 2). Faktor pengahambat konsep diri A). Memiliki kelemahan-kelemahan konsep diri B). Memiliki faktor-faktor penghambat konsep diri.

ENGLISH:

According to the director of the boarding school Dr.Isroqunnaja, in general a student who memorized Qur'an of view of teachers, people who are knowledgeable, the lecturers and the public is a good man, humble in practicing what in the Qur’an could be a bulwark of society, especially in HTQ UIN Maliki Malang. According to Hurlock self-conceptis an individual picture of himself covering physical condition, psychological, social and emotional, aspirations and achievements. The problem in this research isthe first, self-concept of student who memorized Qur’an.Second, Factors concept of self-supporting and in memorizing the Qur'an at HTQ IslamicState University of Maulana Malik Ibrahim Malang.

This research has several goals. The first, Describe how the self-concept of student who memorizedQur’an in HTQ State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. The second, to find out what are the factors of self-concept that can motivate and discourage a student in HTQ IslamicState University of Maulana Malik Ibrahim Malang.

This research usedqualitative research methods with study case type. The Data collection used the method of observation, interview and documentation. The data analysis used a summary recording of the interviews into writing.

The research results obtained that both subjects of research have: 1) The physical aspect of the self-concept and behavior. 2) The appearanceaspects of self-concept. 3) The familyaspects of the self-concept. 4) The psychologyaspects of the self-concept. 5) The personal aspect of self-concept A. Optimist B. Ability C. Motivation D. Practicing. 6) The Ethical and moralaspects of self-concept. 7) The social aspect of self-concept. A. Teacher B. Friend 1) supporting that influence self-concept. 2) The obstacle aspect of self-concept. A. Has several disadvantages of self-concept. B Has the factors restricting of the self-concept.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yusuf, Aris Yuana
Keywords: Konsep Diri; Self-Concept
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:10
Last Modified: 27 Jul 2016 04:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item View Item