Hakim, Lukman (2016) Penerapan metode Sugeno dalam menentukan tingkat loyalitas pelanggan berdasarkan kualitas produk dan kepuasan pelanggan: Studi kasus di Sabana Fried Chicken Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10610080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Analisis menggunakan pendekatan fuzzy merupakan solusi dari masalah perbedaan satuan variabel yang akan dihitung pola korelasinya. Hampir semua analisis konvensional didekati dengan metode fuzzy. Hal ini menghasilkan perhitungan yang lebih mendekati situasi lapangan. Metode Sugeno merupakan salah satu dari beberapa metode dalam analisis fuzzy yang digunakan dalam penelitian ini.
Loyalitas pelanggan adalah situasi dimana konsumen bersikap positif terhadap suatu produksi atau produsennya (penyedia jasa / produk) dan disertai pola pembelian ulang yang konsisten. Tingkat loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Secara ilmu ekonomi untuk mengetahui hal tersebut sudah dilakukan beberapa penelitian. Namun, dalam penelitian tersebut dilakukan perhitungan menggunakan himpunan tegas (crisp). Sedangkan pada penelitian ini dilakukan perhitungan menggunakan metode Sugeno.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perhitungan tingkat loyalitas pelanggan dengan menggunakan metode Sugeno terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: 1. Pembentukan himpunan kabur variabel kualitas produk, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. 2. Pembentukan aturan kabur yang mungkin terjadi di Sabana Fried Chicken cabang Malang hanya terdapat 5 aturan sebagai berikut: R1, R10, R20, R23, dan R27. 3. Defuzzifikasi (penegasan) menggunakan metode perhitungan rata-rata terbobot (Weight Average) yang menghasilkan nilai defuzzifikasi R1 = 18,3, R10 = 19, R20 = 22,3, R23 = 24, dan R27 = 24,6.
Skripsi ini membahas penerapan metode Sugeno dalam menentukan tingkat loyalitas pelanggan berdasarkan kualitas Produk dan kepuasan pelanggan, maka selanjutnya penelitian dapat dikembangkan lagi menggunakan parameter yang lain dalam menentukan tingkat loyalitas pelanggan.
ENGLISH:
Analysis using fuzzy approach is a solution of the problem difference unit variables will be calculated pattern of correlation. Almost all conventional analysis approximated by fuzzy method. This results in the calculation of which is closer to the ground situation. Sugeno method is one of several methods in fuzzy analysis used in this study.
Customer loyalty is a situation where consumers be positive to a production or a producer (provider / product) and accompanied by consistent pattern repeat purchases. The level of customer loyalty can be influenced by the quality of products and customer satisfaction. In economics to determining that already do some research. However, in the study perform calculations using the set crisp. While in this study was conducted calculation using the Sugeno method.
The results obtained in this study is the calculation of the level of customer loyalty by using Sugeno method consists of several stages, as following: 1. Establishment of the set of fuzzy variable product quality, customer satisfaction and customer loyalty. 2. Establishment of the rules base that possible in Sabana Fried Chicken branch Malang there are only 5 rules as follows: R1, R10, R20, R23, and R27. 3. Defuzzification using the method of calculation of weighted average that produce value defuzzification R1 = 18.3, R10 = 19 R20 = 22.3, R23 = 24, and R27 = 24.6.
This thesis discusses the application of Sugeno method in determining the level of customer loyalty based on quality products and customer satisfaction, then research can be developed using the other parameters in determining the level of customer loyalty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Turmudi, Turmudi and Irawan, Wahyu Henky | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Metode Sugeno; Tingkat loyalitas pelanggan; Kualitas produk; Kepuasan pelanggan; Sugeno method; Level of customer loyalty; Product quality; Customer satisfaction | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Nugroho Dwi Setyanto | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2016 16:28 | |||||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 14:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3772 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |