Pengaruh efikasi diri dan motivasi menghafal terhadap prestasi menghafal Al-Quran Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2013

Adhim, Muhammad Fauzil (2016) Pengaruh efikasi diri dan motivasi menghafal terhadap prestasi menghafal Al-Quran Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12410184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Efikasi diri adalah keyakinan seseorang atau individu dalam kemampuannya untuk melakukan suatu bentuk kontrol terhadap keberfungsian orang itu sendiri dan kejadian dalam lingkungan. Motivasi Menghafal adalah kekuatan atau dorongan, yang menggerakkan individu untuk mencapai keinginannya dalam mengingat kembali sesuatu yang pernah dibaca tanpa melihat buku atau catatan. Sedangkan Prestasi Menghafal adalah penilaian tentang kemajuan individu dalam menghafal alquran di kampus yang dinyatakan telah banyak memperoleh jumlah ayat atau juz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Menghafal Terhadap Prestasi Menghafal Alquran Mahasiswaa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2013. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang bergabung pada Haiat Tahfidz Quran (HTQ) angkatan 2013 yang berjumlah 50 sampel mahasiswa.

Hasil uji deskripsi bahwa mahasiswa penghafal Alquran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2013 menunjukkan tingkat efikasi diri mayoritas berada pada kategori sedang 82 % (41 orang). Tingkat motivasi menghafal mayoritas berada pada kategori sedang 54% (27 orang). Serta mahasiswa penghafal Alquran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2013 menunjukkan prestasi menghafal mayoritas berada pada kategori sedang 82% (41 orang). Hasil regresi berganda menunjukkan Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi menghafal terhadap Prestasi menghafal alquran secara keseluruhan menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan. taraf signifikansi yang didapat sebesar 0,192 (p > 0.05).

ENGLISH:

Self-Efficacy is the individual belief which controls the function of person toward the phenomena around. Memorization motivation is the power and intension which steers the person to get the aims of memorizing read book. The Memorization achievement is the assessment for the progression of every student who memorizes holy Qur’an in the college who has achieved many verses or sections. This research aims at understanding the self-efficacy effect and memorization motivation toward the achievement of memorizers of UIN Maulana Malik Ibrahim students 2013. This research uses quantitative research. The research subject uses the sample of fifty students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 203 who are joined in Haiat Tahfizh Qur’an (HTQ).

The descriptive result shows that the total number of Qur’an memorizers in UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2013 are categorized as average number is 82% (41 students). The memorization motivation is mostly categorized as average category 54% (27 students). Qur’an memorizers of UIN Maulana Malik Ibrahim Malng 2013 shows that the memorization achievement is mostly categorized as average 82% (41 students). The result of bifilar regression shows that the self-efficacy effect and memorization motivation toward the memorization achievement totally shows there is not significant effect which shows the number 0,192 (p > 0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ridho, Ali
Keywords: Efikasi Diri; Motivasi Menghafal; Prestasi Menghafal; Self-Efficacy; Memorization Motivation; Memorization Achievement
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:16
Last Modified: 25 Jul 2016 09:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3762

Actions (login required)

View Item View Item