Rizal, Moh Abd Azis Syaifur (2022) Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa SDN Tukul 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18140091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK:
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia, karena manusia adalah makhluk yang sempurna dengan memiliki akal yang dapat berfikir dan memiliki potensi dapat dididik dan mendidik manusia lainnya sehingga mampu menjadi khalifah di muka bumi ini serta pendukung dan pemegang kebudayaan. Sebagai pribadi muslim Al-Qur’an merupakan Sumber ajaran agama Islam Maka dari itu karena Al Qur’an adalah sumber ajaran agama, Kita sebagai orang islam harus bisa membacanya. Disinilah peran pendidikan sangat dibutuhkan sebagai alat untuk menuntun manusia bia membaca Al Qur’an. Di zaman sekarang ini sudah banyak cara mudah untuk belajar membaca Al Qur’an cara seperti ini sering disebut dengan metode. Sekarang sudah banyak pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan Al Qur’an dengan berbagai macam metode yang digunakan. Diantara metode yang digunakan adalah Metode Qur’ani Sidogiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perencanaan pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri di SDN Tukul 1 Probolinggo, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri di SDN Tukul 1 Probolinggo, (3) mengetahui hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri di SDN Tukul 1 Probolinggo.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran Al- Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri di SDN Tukul 1 Probolinggo yaitu placement test, membuat jadwal kegiatan belajar mengajar. (2) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode qur’ani sidogiri yaitu pembukaan, brefing, penyajian materi, evaluasi, dan penutup. (3) hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri sangat bagus dan mengalami peningkatan. serta daya serap materi pembelajaran Al Qur’an lebih mudah, cepat dan menyenangkan. Karena dalam pembelajarannya metode qur’ani sidogiri menyajikan materi mengaji dengan mengajak semua peserta didik mengaji bersama dengan ciri khas mengaji dengan lagu.
ABSTRACT
Education is a human need because humans are perfect creatures with minds that can think and have the potential to be educated and educate other humans so that they are able to become caliphs on this earth as well as supporters and holders of culture. As a Muslim, the Qur'an is the source of Islamic teachings. Because the Qur'an is a source of religious teachings, we as Muslims must be able to recite it. This is where the role of education is needed as a tool to guide people to recite the Qur'an. In this day and age, there are many easy ways to learn to recite the Qur'an, this method is often called the method. Now there are many education institutions that organize AlQur'an education
with various methods used. Among the methods used is the Sidogiri Qur'anic Method.
This study aimed to: (1) find out the planning of Al-Qur'an learning using Sidogiri's Qur'ani Method at SDN Tukul 1 Probolinggo, (2) find out the implementation of Al-Qur'an learning using Sidogiri's Qur'ani Method at SDN Tukul 1 Probolinggo, (3) to find out the results of learning the Qur'an using Sidogiri's Qur'ani Method at SDN Tukul 1 Probolinggo,
To achieve the goals, a qualitative approach with the type of descriptive research is used. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation.
The results showed that (1) planning the learning of the Qur'an using Sidogiri's Qur'ani method at SDN Tukul 1 Probolinggo with a placement class test and making a schedule of teaching and learning activities. (2) The implementation of learning the Qur'an using the Sidogiri's Qur'ani Method, namely opening, briefing, presenting material, evaluation, and closing. (3) The results of learning the Qur'an using Sidogiri's Qur'ani Method are very good and have increased the impact of implementing the Sidogiri qur'ani method, namely the absorption of the Qur'an learning material is easier, faster, and more fun. Because when learning, Sidogiri's qur'ani method presents reading material by inviting all students to recite the Qur'an together with the characteristics of using songs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Achmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran Al Qur’an; Metode Qur’ani Sidogiri; Implementation; Learning the Qur'an; Sidogiri Qur'anic Method; تطبيق؛ تعلم القرآن; منهج سيدوجيري القرآني | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Moh Abd Aziz Saiful Rizal | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 11:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 09:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/37590 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |