Laily, Isnakhul (2022) Strategi guru Al-Qur'an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode tartil Kelas XI di MAN 1 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18110169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi guru Al-Qur'an Hadits adalah tindakan guru melaksanakan rencana mengajar. Artinya, guru dalam menggunakan beberapa variabel pembelajaran (tujuan, materi, metode dan alat, dan penilaian) untuk mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Ada beberapa strategi yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an dengan metode tartil yaitu dengan cara meminta siswa membaca ayat yang sesuai dengan materi yang dipelajari dan terkadang guru membentuk beberapa grup dan mereka diminta mempresentasikan sesuai materi yang telah dibagi serta membacakan ayat yang berkaitan dengan materi yang dibagi. Kemudian guru memberikan koreksi bacaan mereka agar peserta didik dapat membenahkan bacaan mereka dan lebih baik lagi dalam membaca Al-Qur’an.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan startegi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an dengan metode tartil di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar, 2) Faktor penghambat guru Al- Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an dengan metode tartil di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar, 3) Solusi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an dengan metode tartil di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti disini memiliki peran sebagai instrumen utama dalam mengumpulkan data terkait perencanaan, implementasi dan hasil dari objek yang diteliti. Dalam mendapatkan data yang terkait Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an dengan metode tartil di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menghambat strategi guru dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an dengan metode tartil kelas XI MAN 1 Blitar ini ada beberapa faktor yang peneliti temui, diantaranya: a) sifat malas dan pengaruh teknologi, b) kemauan belajar yang menurun, dan c) kurang intensif dalam belajar membaca Al-Qur’an.
Dan solusi yang dapat dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dalam menghadapi beberapa faktor yang menghambat, diantaranya: a) memberikan motivasi pada peserta didik, b) memberikan strategi yang tepat, dan c) kerja sama antara guru/madrasah dengan wali murid.
ENGLISH:
The strategy of the Al-Qur'an Hadith teacher is the teacher's action in implementing the teaching plan. That is, the teacher uses several learning variables (objectives, materials, methods and tools, and assessments) to influence students to achieve the goals that have been set. There are several strategies used by Al-Qur'an Hadith teachers in improving the reading of the Qur'an with the tartil method, namely by asking students to read verses that are in accordance with the material being studied and sometimes the teacher forms several groups and they are asked to present according to the material that has been studied. divided and read verses related to the material being shared. Then the teacher corrects their reading so that students can improve their reading and become better at reading the Qur'an.
This research aims to describe: 1) Implementation of the strategy of Al-Qur'an Hadith teachers in improving Al-Qur'an reading skills with the tartil method at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar, 2) Inhibiting factors for Al-Qur'an teachers Hadith in improving the ability to read the Qur'an with the tartil method in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar, 3) Solutions for Al-Qur'an Hadith teachers in improving the ability to read the Qur'an with the tartil method in Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 1 Blitar.
This study uses a descriptive qualitative approach. Researchers here have a role as the main instrument in collecting data related to the planning, implementation and results of the object under study. In obtaining data related to the strategy of Al-Qur'an Hadith teachers in improving the ability to read the Qur'an with the tartil method at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Blitar, data collection techniques were carried out in the form of observation, interviews and documentation.
The results showed that the factors that hindered the teacher's strategy in improving the reading of the Qur'an using the tartil method for class XI MAN 1 Blitar were several factors that the researchers encountered, including: a) lazy nature and the influence of technology, b) decreased willingness to learn, and c) less intensive in learning to read the Qur'an.
And solutions that can be done by Al-Qur'an Hadith teachers in dealing with several inhibiting factors, including: a) motivating students, b) providing the right strategy, and c) cooperation between teachers/madrasahs and guardians of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi guru Al-Qur’an Hadits; Kemampuan baca Al-Qur’an; Metode Tartil; Al-Qur'an Hadith teacher strategy; Al-Qur'an reading ability; Tartil Method; استراتيجية معلم حديث القرآن ، قدرة قراءة القرآن ، طريقة ترتيل | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Isnakhul Laily | ||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2022 12:23 | ||||||
Last Modified: | 12 Jul 2022 12:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/37565 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |