Ramdhan, Subhanallah (2016) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa MTs Sabilil Muttaqin Pamekasan Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada masa sekolah siswa sekolah menengah masuk pada masa remaja masa yang sangat beresiko dalam kehidupan mereka, karena mereka belum mampu memfungsikan kemampuan fisik dan psikisnya secara matang sehingga membutuhkan bimbingan dari orang dewasa. Para siswa menengah pada umumnya belum memiliki pengendalian diri yang baik sehingga rentan melakukan berbagai hal yang menyimpang seperti membolos, tidak disiplin, jarang mengerjakan tugas sekolah dan tidak mengikuti norma sosial. Akan tetapi mereka mempunyai tingkat individuasi yang tinggi dan berfokus pada pembuktian kepada orang lain dengan sebuah prestasi dan kerja keras.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui tingkat lingkungan keluarga siswa, 2) Mengetahui tingkat lingkungan sekolah siswa, 3) Mengetahui tingkat motivasi berprestasi siswa, dan 4) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa.
Metode penelitian yang yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara sampling jenuh. Subyek penelitian ini adalah siswa MTs Sabilil Muttaqin Pamekasan Madura yang berjumlah 47 siswa. Pengambilan data menggunakan skala psikologis model likert, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model regresi berganda dengan bantuan SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut : tingkat lingkungan keluarga siswa berada pada kategori tinggi (74.46%). Tingkat lingkungan sekolah siswa berada pada kategori tinggi (63.83%), serta tingkat motivasi berprestasi siswa berada pada kategori tinggi (78.72%). Hasil uji hipotesis didapati bahwa lingkungan sekolah siswa dan lingkungan keluarga siswa secara simultan dan parsial memengaruhi motivasi berprestasi siswa sebesar 41% dengan taraf signifikansi 0.000 dan lingkungan keluarga siswa mempunyai pengaruh terhadap motivasi berprestasi lebih besar daripada lingkungan sekolah siswa dengan nilai beta 0.397.
ENGLISH:
Teenagers face a risky moment in their live when they are in high school. It is due to the fact that they are not yet able to use their physical and psychological and still need guidance from the adults. They do not have a good self-control so they tend to do things such as skip their class, have no discipline, do not submit their assignment, and do not follow social norm. However, they have a high individuality and focus to prove their achievement and hard work.
The study aims to: 1) Find out students’ family environment, 2) Find out students’ school environment, 3) Find out the level of students’ achievement motivation, and 4) Find out the influence of family and school environment on their achievement motivation.
The study employs a quantitative method with census sampling. The subject of study are 47 students of MTs Sabilil Muttaqin Pamekasan Madura. Data is obtained using Likert scale, observation, interview and documentation. Then it is analyzed using multiple regression with SPSS software.
The result of the study shows that: students’ family environment level is quite high (74.46%). The students’ school environment level is high (63.83%), and their achievement motivation level is also high (78.72%). From the hypothesis test, the students’ family and school environment simultaneously and partially influence their achievement motivation for 41% and with significance level of 0.000. Furthermore, their family environment have bigger influence than their school environment shown by beta 0.397.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Keluarga; Lingkungan Sekolah; Motivasi Berprestasi; Family Environment; School Environment; Achievement Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2016 16:16 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2016 16:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3739 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |