Komunikasi persuasi Prof. Dr. Imam Suprayogo

Pranata, Dwi Chandra (2016) Komunikasi persuasi Prof. Dr. Imam Suprayogo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11410150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasi yang selama ini dilakukan oleh tokoh yang selama ini menjadi sosok pemimpin dalam proses perubahan UIN Malang, yaitu Prof. Dr. H. Imam Suprayogo. Sosoknya yang selama 16 tahun memimpin kampus dengan berbagai dinamika yang terjadi dan keberhasilannya dalam mengembangkan kampus STAIN menjadi UIN yang dikenal oleh masyarakat luas membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penulis ingin melihat bagaimana sebenarnya komunikasi yang dilakukan oleh subjek dalam proses kepemimpinannya. Sehingga nantinya akan ditemukan dampak atau manfaat dari komunikasi persuasi yang dilakukannya selama ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif naratif yang merupakan salah satu pendekatan yang mengedepankan pada eksplorasi kehidupan individu. Pendekatan ini juga mengutamakan pada pengalaman tokoh yang diteliti. Data diambil berdasarkan proses wawancara dan observasi yang dilakukan penulis terhadap subjek utama. Dari pengambilan data yang diperoleh penulis menganalisis data dengan memilah data yang dibutuhkan untuk penelitian ini. Hasilnya, penulis memperoleh fakta menarik bahwa komunikasi menjadi bagian penting dalam proses kepemimpinan subjek. Selama memimpin komunikasi persuasi menjadi modal utama dalam subjek memimpin terutama untuk mempengaruhi orang lain agar mau melaksakan ide dan gagasan dari seorang pimpinan. Selain itu juga menjalin hubungan dengan berbagai pihak dalam mengembangkan kampus sangat membutuhkan komunikasi persuasi yang baik. Model komunikasi yang selama ini dilakukan subjek adalah dengan menghargai orang lain dan mengakui “aku”nya orang lain. Hal ini yang selama ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Dampak atau manfaatnya, subjek mampu membuat banyak orang lain senang ketika menjalin komunikasi dengan subjek, sehingga mau menjalankan idenya bersama dan mampu menjalin berbagai relasi yang bermanfaat bagi pengembangan kampus.

ENGLISH:

This study aims to determine the persuasive communication that had been done by the figures who have been a leader in the change process UIN Malang, namely Prof. Dr. H. Imam Suprayogo. His figure who for 16 years led the campus with different dynamics and its success in developing STAIN campus becomes UIN that known by the public makes the author interested in conducting this study. The author would like to see how the actual communication made by the subject in the process of leadership. So that will be found the impact or benefit of persuasive communication that had been done so far. This research used narrative qualitative research approach that puts on an exploration of the lives of individuals. This approach is also emphasis on experience the figure studied. Data taken by interviewing and observation by the author with the main subject. From the retrieval of data obtained, the author analyzed the data by sorting the data required for this study. As a result, the authors obtained interesting fact that communication becomes the important part in the process of the subject leadership. While leading, the persuasive communication is the main basis for leading people especially to influence other people to carry out the idea and concept of a leader. In addition, relationships with various stakeholders in developing a campus need a good persuasive communication. Communication model which has been made the subject is with respect for others and recognize the others possession. It's that have been rarely done by most people. The impact or benefits, the subject is able to make many people happy when communicate with the subject, so it would run the idea together and are able to establish various relationships that are beneficial to the development of the campus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yahya, Yahya
Keywords: Komunikasi; Persuasi; Kepemimpinan; Communication; Persuasion; Leadership
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Kumala Inayati
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:26
Last Modified: 25 Jul 2016 09:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item