Responsive Banner

Peran guru pendidikan agama Islam dan orang tua dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui metode pembiasaan di MI Nurussalam Sidogede Kabupaten Oku Timur

Aprinawati, Nila (2022) Peran guru pendidikan agama Islam dan orang tua dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui metode pembiasaan di MI Nurussalam Sidogede Kabupaten Oku Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
200101210008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tesis ini membahas peran guru pendidikan agama Islam dan orang tua di era sekarang ini menjadi sangat penting untuk diterapkan. Hal ini dikarenakan keberhasilan memberikan pendidikan agama pada anak dengan mengadopsi konsep pembinaan akhlak menggunakan metode pembiasaan untuk menciptakan akhlakul karimah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru pendidikan agama Islam dan orang tua dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui metode pembiasaan di MI Nurussalam, dengan sub bab fokus penelitian yang mencakup: (1) mendeskripsikan dan menganalisis akhlak peserta didik, (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dan orang tua (3) mendeskripsikan dan menganalisis hambatan yang dialami guru pendidikan agama Islam dan orang tua dalam membina akhlak melalui metode pembiasan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus penelitian di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi meningkatan ketekunan, triangulasi sumber, metode, teori dan mengadakan member check.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) akhlak peserta didik telah mencerminkan akhlak terhadap Allah dengan pembiasaan melaksanakan perintah-Nya, selanjutnya peserta didik telah memahami dan menerapkan akhlak terhadap guru pendidikan agama Islam selanjutnya peserta didik telah memahami dan menerapkan akhlak terhadap orang tua (2) peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik di madrasah yang tidak hanya memberikan materi umum namun juga pengetahuan keagamaan, berperan sebagai suri tauladan dengan memberikan contoh berpakaian rapi dan bersih, datang tepat waktu, berkata santun, makan dan minum sambil duduk, berperan sebagai pembimbing dengan memberikan motivasi dan nasihat apabila akhlak peserta didik belum bisa dibina dengan baik. Selanjutnya peran orang tua sebagai pendidik di rumah dengan mendampingi dengan sabar anaknya belajar, memberikan contoh perbuatan yang baik, mengajari sholat dan mengaji, dan berperan memberikan perhatian dan pengawasan. Peran dari keduanya ini harus saling melengkapi supaya peserta didik berakhlakul karimah. (3) hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dan orang tua yaitu peserta didik kurang disiplin, minimnya peran dan pengetahuan ilmu agama orang tua, selanjutnya kurangnya pengawasan dalam memfilter penggunaan teknologi.

ABSTRACT

This research explains that the role of Islamic education teachers and parents in this era becomes very important to be implemented. It is due to the success of providing religious education to children by adopting the concept of morals development using the habituation method to create the core morals (akhlakulkarimah).

This research aims to reveal the role of Islamic education teachers and parents in the morals development of students using the habituation method at MI Nurussalam. Sub-chapter of research focus includes: (1) describing and analyzing the morals of students, (2) describing and analyzing the role of Islamic education teachers and parents, and (3) describing and analyzing the obstacle experienced by Islamic education teachers and parents in morals development using the habituation method.

This research used a qualitative approach with a case study design of field research. Data were collected by using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis techniques included data collection, data reduction, data presentation, and verification. Checking the validity of the data included increasing persistence, triangulating sources, methods, and theories, and conducting member checks.

The result shows that: (1) the morals of students have reflected the morals of Allah by habituating to obey His commands, then students have understood and applied morals to Islamic education teachers, and then students have understood and applied the core morals to their parents, (2) the role of Islamic education teachers as educators in madrasa is they do not only provide general material, but also religious knowledge. They act as a role model by providing examples of dressing neatly and cleanly, arriving on time, speaking politely, eating and drinking while sitting, and acting as a supervisor by providing motivation and advice if the morals of students cannot be fostered properly. Furthermore, the role of parents as educators at home by patiently accompany their children to learn, providing examples of good deeds, teaching prayers and reciting the Qur’an, and act as a role models in providing attention and supervision. The role of the teachers and parents must complement each other so that students have core moral (akhlakulkarimah), and (3) the obstacles faced by Islamic education teachers and parents are the lack of discipline from students, the lack of roles and knowledge of parents about religious knowledge, and the lack of supervision in filtering the use of technology.

مستخلص البحث

تناقش هذه الرسالة دور معلمي التربية الإسلامية وأولياء الأمور في عصر اليوم وهو أمر مهم جدا لتطبيقه. ويرجع ذلك إلى نجاح توفير التعليم الديني للأطفال من خلال تبني مفهوم تعزيز الأخلاق باستخدام طريقة التعود لتكوين الأخلاق الكريمة.

يهدف هذا البحث إلى الكشف عن دور معلمي التربية الإسلامية وأولياء الأمور في تعزيز أخلاق الطلاب من خلال طريقة التعود في مدرسة نور السلام الإبتدائية، مع فصول فرعية تشمل: (١) وصف وتحليل أخلاق الطلاب، (٢) وصف وتحليل دور معلمي التربية الإسلامية وأولياء الأمور، (٣) وصف وتحليل العقبات التي يواجهها معلمو التربية الإسلامية وأولياء الأمور في تعزيز الأخلاق من خلال طريقة التعود.
استخدم هذا البحث منهجا نوعيا مع تصميم دراسة الحالة في هذا المجال. وتم جمع البيانات عن طريق الملاحظة والمقابلة والوثائق. ويشمل تحليل البيانات جمع البيانات، وتحديدها، وعرضها والتحقق منها. تضمن التحقق من صحة البيانات زيادة المثابرة وتثليث المصادر والأساليب والنظريات وإجراء فحوصات الأعضاء.

أظهرت نتائج هذا البحث ما يلي: (١) أن أخلاق الطلاب قد عكست الأخلاق تجاه الله بالتعود على الالتزام بأوامره، ثم فهم الطلاب الأخلاق وطبقوها تجاه معلمي التربية الإسلامية، ثم فهم الطلاب الأخلاق وطبقوها تجاه أولياء الأمور، (٢) دور معلمي التربية الإسلامية يتكون منالعمل كمعلم في المدارس الدينية ممالا يقتصر علىتقديم المواد العامة فحسب بل المعرفة الدينية أيضا، وكقدوة حسنة من خلال إعطاء أمثلة على ارتداء الملابس بدقة ونظافة، والانضباط في الوقت المحدد، والقول بأدب، والأكل والشرب بالجلوس، وكمشرف من خلال توفير الدافع والنصيحة إذا كان لا يمكن تعزيز أخلاق الطلاب بشكل صحيح.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Marno, Marno and Huda, Miftahul
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMarno, MarnoUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDHuda, MiftahulUNSPECIFIED
Keywords: a. peran; pembinaan akhlak; metode pembiasaan
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nila Aprinawati
Date Deposited: 01 Jul 2022 15:50
Last Modified: 01 Jul 2022 15:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/37288

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item