Game Tajwid “The Advanture of Madun” dengan menggunakan algoritma fuzzy sugeno sebagai pengatur perilaku NPC

Khakim, Muhammad Lukman (2016) Game Tajwid “The Advanture of Madun” dengan menggunakan algoritma fuzzy sugeno sebagai pengatur perilaku NPC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11650057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Game merupakan media hiburan yang sangat diminati hampir semua lapisan masyarakat. Kualitas Game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari kecerdasan buatan, konten yang disajikan, dan lain sebagainya. Kecerdasan buatan sangat diperlukan oleh suatu Game guna menciptakan aksi dan reaksi untuk mencapai tingkat realistis yang diharapkan khususnya pada Non Playable Player (NPC).

Game edukasi yang menarik merupakan salah satu terobosan konten yang bersifat edukasi sebagai media pembelajaran yang menarik. Di dalam Game ini terdapat unsur edukasi yaitu pembelajaran Ilmu Tajwid. Prinsip pengajaran pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, namun pada penelitian ini pengajaran Ilmu Tajwid dilakukan dengan menggunkan unsur Game.

Penelitian ini menjelaskan bagaimana merancang proses pengaturan perilaku NPC pada suatu Game dan juga menjelaskan bagaimana membuat suatu Game edukasi. Game The Advanture of Madun adalah Game edukasi berjenis First Player Shooter (FPS) berbasis desktop dengan menggunakan Engine Unity3d. Player harus menyelesaikan semua stage dan mengalahkan musuh untuk dapat mendapatkan sebuah kitab sebagai tujuan akhir dari Game ini.

Pada penelitian ini,metode kecerdasan musuh untuk mendapatkan perilaku sesuai yang digunakan adalah Algoritma Fuzzy Sugeno. Pengujian dilakukan pada dekstop.

ENGLISH:

Game is an entertainment media that has much enthusiasts from all segments of society. The quality of Games are determined by several aspect, start from artificial intelligence, content presented, and others. Artificial Intelligence is considerably needed by a Game in order to create an action and reaction to achieve realistic level expected, especially for Non Playable Player (NPC).

Interesting educational Game is one breakthrough Game that provides an educational content as an interesting learning media. In this Game there are elements of education is learning Tajweed Sciences. The principle of teaching can basically be done by various methods, but in this study Tajweed science teaching is done by using elements of the Game.

NPC are controlled by artificial intelligence to do an action and reaction response to player. In this research, Fuzzy sugeno algorithm is used on artificial intelligence method to obtain suitable behavior. The testing did in desktop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kurniawan, Fachrul and Suhartono, Suhartono
Keywords: Fuzzy Sugeno; NPC; Game; Game Edukasi; Educational Game; Tajwid
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:12
Last Modified: 25 Jul 2016 09:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item