Sistem informasi pengadaan barang dan jasa melalui penyedia di Unit Layanan Pengadaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Burhanuddin, Alvian (2016) Sistem informasi pengadaan barang dan jasa melalui penyedia di Unit Layanan Pengadaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11650049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengadaan merupakan salah satu cara untuk memperoleh barang dan jasa yang dilakukan oleh kementrian/Lembaga/Daerah/Institusi (K/L/D/I). Adapun prosesnya dimulai dari perencanaan dan diakhiri dengan didapatkannya barang dan jasa yang dimaksud dalam proses pengadaan. Aktifitas ini melibatkan PPK, ULP, dan Rekanan. Adapun dalam lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, saat ini keseluruhan proses masih dilakukan secara manual. Melihat perkembangan teknologi saat ini, maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat membantu proses pengadaan agar lebih mudah dan praktis.

Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Agile. Kebutuhan stakeholder merupakan titik yang ditonjolkan ketika menggunakan metode ini, sehingga tahapan dalam pengerjaan meliputi analisis, desain, implementasi, pengujian, dan evaluasi tidak selalu dikerjakan secara berurutan. Selain itu, keuntungan menggunakan metode ini adalah waktu yang singkat dalam masa pengembangan sistem serta manajemen perubahan kebutuhan dari sistem informasi. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.

Dalam penelitian ini dihasilkan sistem informasi pengadaan langsung melalui penyedia berbasis web yang sesuai dengan proses bisnis serta dapat diakses kapanpun oleh pengguna sistem. Selain itu telah dilakukan pengujian kepada 20 orang sampel pengguna sistem ini.

ENGLISH:

Procurement is one way to obtain goods and services conducted by the Ministry / Institution / Regional / Institution. the process begins with planning and ends with the acquisition of goods and services referred to in the procurement process. This activity involves PPK, ULP, and Rekanan. As for the environment of the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, This time the whole process is still done manually. Seeing the development of technology today, we need a system of information that can help the procurement process to make it more convenient and practical.

The development method used in this study are Agile. Stakeholder needs is a part that highlighted when using this method, so that the stages in the work includes analysis, design, implementation, testing, and evaluation is not always done sequentially. In addition, the advantages of using this method is the short time during system development and change management needs of the information system. This application was developed using PHP programming language and MySQL as the database.

In this study all the features have been tested by the relevant user to determine the suitability of the system as well as the ease of use than existing systems have been used. The result is 90% of the 20 sample declares that the system is in accordance with business processes, while 70% claimed that the system was easy to use.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Anggraeni, Linda Salma and Kurniawan, Fachrul
Keywords: Pengadaan Langsung; Unit Layanan Pengadaan; Direct Procurement; Procurement Unit; Agile Unified Process
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:12
Last Modified: 25 Jul 2016 09:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item