Zahiroh, Ufia Ardina (2016) Pengaruh kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa SMK NU Manba’ul Falah Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410170.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Komunikasi Interpersonal adalah proses komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih secara verbal maupun non-verbal dan mendapat timbal balik sehingga mencapai komunikasi efektif yang meliputi Openness, Emphaty, Skill supportive, Positiveness, dan Equality. Sedangkan kecerdasan emosi adalah Menggunakan informasi untuk menggunakan dan mengarahkan tindakan serta pikiran yang dapat diukur dengan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan baik dengan orang lain. Ada beberapa factor yang menyebabkan terjadinya komunikasi interpersonal kurang efektif yaitu para siswa kurang mampu untuk berempati dan melakukan hubungan social dengan orang lain, sehingga menghambat komunikasi interpersonal secara intensif.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kecerdasan emosi. Kemudian dapat dilihat bahwa komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosi merupakan hal yang saling berkaitan dan sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan bentuk penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan seluruh siswa SMK NU Manba’ul Falah Banyuwangi dengan jumlah 59 siswa, untuk menjaga validitas alat ukur, dilakukan menggunakan skala psikologis (Likert) mengenai komunikasi interpersonal yang berjumlah 24 aitem dengan reabilitas α = 0,628, skala kecerdasan emosi yang berjumlah 25 aitem dengan reabilitas α = 0,742.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan : (1) tingkat komunikasi interpersonal siswa berada dalam kategori sedang dengan prosentase 69,49% (2) tingkat kecerdasan emosi berada dalam kategori sedang dengan prosentase 86,44% (3) nilai F = 39, 503 dengan nilai P = 0, 000. Hasil hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal adalah diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variable mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan.
Disarankan bagi siswa mampu untuk menambah wawasan tentang efektifitas komunikasi interpersonal siswa dengan dengan cara melatih untuk mengelola komunikasi interpersonal dengan baik terhadap orang lain, menjadi pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran dan ide-ide, mengelola emosi dengan baik, serta melatih untuk berkomunikasi dengan orang lain secara bebas dan terus terang, dengan memperhatikan pada tingkat kecerdasan emosi dan komunikasi interpersonal.
ENGLISH:
Interpersonal communication is a communication process that is performed two or more people verbally and non-verbal and it got reciprocity so as to achieve effective communication that includes self-concept, abilities, skills, experience, emotion, and self-disclosure. While emotional intelligence is the Using of information to direct actions and thoughts that can be measured by recognizing emotions, managing emotions, motivating oneself, recognizing emotions in others and fostering good relations with other people. There are several factors that cause less effective interpersonal communication that students are less able to empathize and social relations with others, thus inhibiting the intensive interpersonal communication.
This research aims to determine the Influence of interpersonal communication on emotional intelligence. Then it can be seen that the interpersonal communication and emotional intelligence are inextricably related and very important role in our daily lives. This research used quantitative research methods and forms of correlational research. Samples were taken using all of the students of SMK NU Manbaul Falah Banyuwangi with a amount 59 students, to maintain the validity of measuring instruments, carried out using a scale of psychological (Likert) about interpersonal communication amounting to 24 item with reliability α = 0.628, emotional intelligence scale that amounted to 25 item with reliability α = 0.742.
Based on the results of the study concluded: (1) interpersonal communication level of students are in the medium category with the percentage of 69.49% (2) level of emotional intelligence are in the medium category with the percentage of 86.44% (3) F = 39, 503 with a P value = 0.000. The results of hypothesis that the influence of emotional intelligence on interpersonal communication is received. It can be concluded that the two variables have positive and significant influence.
It is advisable for students were able to add knowledge about the effectiveness of interpersonal communication students with a way to train to manage interpersonal communication with either of the others, being a good listener, expressing thoughts and ideas, managing emotions well, and trained to communicate with others freely and frankly, with respect to the level of emotional intelligence and interpersonal communication.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Kecerdasan Emosi; Interpersonal Communication; Emotional Intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 16:29 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 16:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3696 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |