Pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap konsep diri siswa kelas X di SMK Ma’arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang

Utami, Novia Rahayu (2016) Pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap konsep diri siswa kelas X di SMK Ma’arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12410067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Seorang siswa kelas X SMK yang berada pada masa remajadinilai sudah mampu mengenal dirinya secara keseluruhan.Ketika siswa berada pada masa perkembangan remaja mereka sering dikatakan sedang mengalami masa-masa sulit dalam segala hal seperti pergaulan di lingkungan yang baru. Pada masa ini siswa akan membutuhkan suatu dukungan dari teman sebayanya, oleh karena itu siswa melakukan segala sesuatu agar dapat diterima di dalam kelompoknya. Selain itu siswa pada masa ini mempunyai suatu kemampuan mengatur dan mengkondisikan emosinya agar sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari masing-masing variabel, serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap konsep diri siswa kelas X di SMK Ma’arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel dengan caranon probability sampling yaitu sampel jenuh (100 siswa). Alat ukur yang digunakan adalah Emotional Quotient Scaleoleh Daniel Goleman, skala konformitas dengan menggunakan dasar teori yang dikemukakan oleh Sears (1985),dan skala konsep diri dengan menggunakan dasar teori dan yang dikemukakan oleh Calhoun dan Acocella (1990).

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecerdasan emosional siswa sebanyak 76% pada kategori tinggi dan 24% pada kategori sedang. Sedangkan tingkat konformitas siswa sebanyak 93% pada tingkat tinggi, dan 7% pada kategori sedang. Tingkat konsep diri siswa sebanyak 68% berada pada kategori tinggi dan 32% berada pada kategori sedang. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai F sebesar 36,981 dengan signifikansi 0,000 yang berarti ada pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap konsep diri siswa.

ENGLISH:

A student of class X SMK residing in adolescence is considered to be able to know him as a whole. When students are in their adolescent developmental period is often said to be going through a difficult time in all things like relationships in the new environment. At this time students will require an endorsement from peers, therefore students do everything in order to be accepted in the group. In addition, students at this time to have an ability to organize and emotional condition to suit the action to be performed.

The purpose of this study was to determine the level of each variable, as well as to determine the effect of emotional intelligence and peer conformity to the self-concept of students of class X in SMK Maarif NU 04 Pakis Malang.

This study uses a quantitative approach to the technique of multiple linear regression analysis. Sampling by way of non-probability sampling is saturated samples (100 students). Measuring instrument used is the Emotional Quotient Scale by Daniel Goleman, scale of conformity using the basic theory advanced by Sears (1985), and self-concept scale using the basic theory and advanced by Calhoun and Acocella (1990).

The results showed the level of emotional intelligence of students as much as 76% in the high category and 24% in the moderate category. While the level of conformity to the students as much as 93% at a high level, and 7% in the medium category. The level of self-concept of students as much as 68% at the high category and 32% in the moderate category. The results of multiple regression analysis showed F value of 36.981 with a significance of 0.000 which means that there is influence of emotional intelligence and peer conformity to the self concept of students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nuqul, Fathul Lubabin
Keywords: Kecerdasan emosional; Konformitas; Konsep diri; Emotional Intelligence; Conformity; Self-concept
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 22 Jul 2016 09:33
Last Modified: 22 Jul 2016 09:33
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item