Kecemasan sekolah pada siswa taman kanak kanak

Zhifar, Kariba Husnayayin Azh (2016) Kecemasan sekolah pada siswa taman kanak kanak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11410065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Saat pertama kali masuk sekolah dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan atau yang menakutkan, baikbagi orang tua maupun anak. Kecemasan adalah suatu keadaan emosional, perasaan ketegangan yang tidak menyenangkan dan perasaan agresif bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Berawal dari itulah timbul pertanyaan gejala seperti apa yang dialami oleh anak dengan kecemasan sekolah, apa saja factor penyebab kecemasan sekolah yang dialam ianak, dan bagaimana penanganan yang dilakukan oleh orang tua dan guru terhadap anak.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua anak yang memiliki ciri-ciri kecemasan. Hasil wawancara kemudian dibuat dalam bentuk transkrip, dikoding da dianalisis sehingga ditemukan point-point kecemasan sekolah yang menjadi rumusan masalah penelitian ini.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa kedua partisipan mengalami kecemasan sekolah ketika awal masuk sekolah. Gejala fisiologis yang diperlihatkan keduapartisipan adalah menangis, perubahan raut wajah dan detak jantung. Namun pada partisipan kedua, gejala yang juga ditunjukkan berupa menggigit jari dan buang air kecil secara tidak sengaja. Gejala psikologis, berupa tidak semangat, menarikdiri, dan ketidakmampuan ditinggal sendiri. Faktor penyebab yang ditunjukkan yaitu adanya ketergantungan berlebih dan tidak banyaknya bersosialisasi dengan oranglain. Padapartisipan pertama faktorlainnya adalah adanya conflict dengan temannya. Penanganan yang dilakukan oleh orangtua dan guru yaitu mengacu pada prinsip prinsip yang terdapat dalam teknik desensitisasisi stematis, CBT, pemberian reward dan punishment, serta token ekonomi.

ENGLISH:

In the first time to go to school can be a pleasant experience or a frightening experience, both for parents and children. Anxiety is an emotional state, an unpleasant feeling of tension and aggression that feeling something bad will happen. Starting from that the question arises as to what the symptoms experienced by children with school anxiety, what are the causes of school anxiety experienced by children, and how the treatment must gave by parents and teachers against children.

This research was conducted using qualitative approach with case study data collection techniques using observation, interviews and documentation. Participants in this study were two children who have characteristics of anxiety. Interview results are made in the form of transcripts, coded and analyzed to find points anxiety schools as formulation of the problem of this research.

The Result of the study found that the participants experienced anxiety when beginning school. Physiological symptoms shown by both participants were crying, changed facial expressions and heart rate. However on the second participant, the symptoms are also shown in the form of finger biting and urinating inadvertently. Psychological symptoms like inspirit, retire, and inability to be left alone. The Factors caused that the excessive dependence and not socialized with others. The other factor of first participants is the conflict with his/her friend. Treatment is carried out by parents and teachers refer to some of the principles contained in the systematic desensitization technique, CBT, reward and punishment, as well as economic pressures.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rahayu, Iin Tri
Keywords: Kecemasan; Sekolah; Anak; Anxiety; School; Children
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Kumala Inayati
Date Deposited: 22 Jul 2016 09:43
Last Modified: 22 Jul 2016 09:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item