Isnaini JH, Magfiratul (2016) Perbedaan the proximity of clothing to self (kedekatan pakaian terhadap diri) antara laki-laki dan perempuan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Brawijaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Miller menyatakan pakaian adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk meningkatkan penampilan seseorang atau mengekspresikan kepribadian seseorang (2006:15). Hal ini dijelaskan bahwa melalui pakaian seseorang maka akan memberikan indikasi terkait identitas diri seseorang, berupa status sosial, norma, gender dan juga emosi. Salah satu kelompok yang tidak lepas dari masalah identitas adalah individu yang berada pada periode remaja (Santrock, 2012:438). The proximity of clothing to self didefinisikan sebagai sebuah sentralitas dan hubungan psikologis seseorang terhadap pakaiannya yang merupakan hasil dari penggunaan pakaian sebagai alat untuk validasi diri. Kedekatan pakaian terhadap diri berfokus pada efek pakaian kepada diri seseorang (Miller, 2006:18).
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kategori tingkat the proximity of clothing to self (kedekatan pakaian terhadap diri) antara laki-laki dan perempuan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Brawijaya, 2) untuk mengetahui perbedaan kategori tingkat the proximity of clothing to self (kedekatan pakaian terhadap diri) antara laki-laki dan perempuan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Brawijaya . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan strategi penelitian survei yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah total 204 responden yakni 102 laki-laki dan 102 perempuan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Brawijaya angkatan 2014-2015. Adapun instrumen yang digunakan adalah adaptasi dari skala The Proximity of Clothing to self Scale (PCS) (Sontag dan Lee, 2004). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Brawijaya angkatan 2014-2015 mempunyai enam kategori the proximity of clothing to self tersebut, namun kebanyakan ada dua atau lebih kategori the proximity of clothing to self yang dominan dalam dirinya yakni 175 orang responden atau 85,7%. Penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan the proximity of clothing to self yang signifikan terhadap laki-laki dan perempuan, dimana perempuan memiliki nilai yang lebih tinggi pada kategori clothing in relation to body image dan body cathexis dibandingkan laki-laki. Sedangkan pada 5 kategori the proximity of clothing to self lainnya tidak memiliki perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
ENGLISH:
Miller said clothing is one of the simplest ways to improve one's appearance or expressing the personality (2006: 15). It is explained that through one's clothes will give it an indication related to a person's identity, such as social status, norms, gender and emotional. One group that did not escape the problem of identity is an individual of the adolescent period (Santrock, 2012: 438). The proximity of clothing to self defined as a person's centrality and psychological relationship to clothes that are the result of their use as a tool for validation of self. Proximity to the clothes to self focuses on the effect of clothing to the self (Miller, 2006: 18).
The purpose of this study was 1) to determine the category level of the proximity of clothing to self between men and women in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang and Brawijaya University, 2) to determine differences of level category of the proximity of clothing to self between men and women in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang and Brawijaya University. This study used quantitative descriptive with research survey strategies. The data collection technique used quota sampling with a total of 204 respondents ie 102 men and 102 women in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang and Brawijaya University period year of 2014- 2015. The instrument used the adaptation of the scale The Proximity of Clothing to Self Scale (PCS) (Sontag and Lee, 2004). The results of this study indicated that students of the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang and Brawijaya University period year of 2014-2015 had six categories of the proximity of clothing to self, but mostly there were two or more dominant categories of clothing to the proximity of clothing to self that 175 respondents, or 85.7%. The study also found differences in the proximity of clothing to self significantly to both men and women, where women had a higher value in the category of clothing in relation to body image and body cathexis than men. While in 5 categories of clothing to the proximity of clothing to self had no difference between men and women.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | The Proximity of Clothing to Self; Mahasiswa; Jenis kelamin; Students; Sex | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Viki Alvionita Dwiningrum | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 16:33 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 16:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3681 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |