Vitasari, Isna (2016) Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian barang melalui media online pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN MALIKI Malang angkatan 2012-2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12410017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA :
Pembelian melalui media online diartikan sebagai transaksi pembelian yang dilakukan dengan menggunakan media komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Terkait dengan kegiatan jual beli online, kepercayaan menjadi landasan yang peting dalam proses keputusan pembelian. Kepercayaan menjadi sesuatu yang relevan ketika berada disituasi yang mengandung resiko, walaupun konsumen tidak mampu untuk mengontrolnya secara penuh.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui tingkat kepercayaan konsumen dalam pembelian barang melalui media online, 2) mengetahui tingkat keputusan pembelian barang melalui media online, dan 3) mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian barang melalui media online. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi UIN Malang angkatan 2012-2014 dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala kepercayaan konsumen dan skala keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut : tingkat kepercayaan konsumen berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 78% atau 78 orang dan tingkat keputusan pembelian juga berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 71% atau 71 orang. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikan sebesar 0.459 atau p>0.05, yang berarti tidak ada pengaruh antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian barang melalui media online. Sumbangan efektif kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan koefisien determinan R^2=0.06 atau 6%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keputusan pembelian sebesar 6% ditentukan oleh kepercayaan konsumen sedangkan sisanya 94% tentukan oleh faktor lain
ENGLISH :
The purchase through online media is mean as purchase transaction which is done by using the connected computer toward internet. In line with online buying and selling activities, the trust become the important base in the proccess of purchase desission. The trust become something relevan when it’s in a risk situation, altough consumen cannot control it fully.
The purpose of this research is: 1) know the consumen’s trust level good’s purchase through online media, 2) know the good’s purchase decission level through online media, and 3) know the influence of consumen’s trust toward the goo’s purchase through online media. The subject of this research is Phsycology’s student of UIN malang 2012-2014 generation with the research’s sample as much as 100 persons. The research’s method that is used is kuantitatif method with random sampling taking sample methods. The taking methods use two scale that is consumen’s trust scale and decission scale.
Based on the result, it’s gotten the result as follows: the consumen’s trust level in the average level with the percentage 78% or 78 persons and the purchase decission in the average level with the percentage 71% or 71 persons. The data analysis result shows significant value 0.459 or p>0.05, which is mean there is no influence between the consumen’s trust toward the good’s purchase decission through online media. The consumen’s trust effective contribution toward the purchase decission is shown with the determinant coefficiaent R^2=0.06 of 6%. These result shows that the purchase decission 6% is determined by the consumen’s trust beside that 94% is determined by other factors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepercayaan konsumen; Keputusan pembelian; Media online; Consumen’s trust; Purchase decision; Online media | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Errisa Aprillia Rengganis | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2016 16:30 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2016 16:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3678 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |