Khasanah, Nurul (2016) Pengamalan pendidikan agama Islam melalui muatan lokal keputrian di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengamalan Pendidikan Agama Islam melalui Muatan Lokal Keputrian merupakan cara Guru Pendidikan Agama Islam mengontrol dan memberikan pengarahan diluar jam pelajaran Agama Islam. Pendidikan nasional kita dalam 4 krisis pokok, salah satunya ialah menurunnya akhlak dan moral peserta didik. Oleh karena itu semua aspek dalam elemen pendidikan harus saling membantu dalam menanggulangi hal tersebut. Salah satu cara yang digunakan oleh SMK PGRI 3 Malang adalah membuat kegiatan muatan lokal keputrian. Diharapkan kegiatan tersebut dapat mengontol, mengawasi, dan memberikan pengarahkan terkait masalah-masalah dan pengatahuan yang berkutat disekeliling perempuan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengamalan-pengamalan Pendidikan Agama Islam, seperti Tauhid, Ibadah, dan Akhlak siswa melalui muatan lokal keputrian, Strategi pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam kurikulum muatan lokal keputrian, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan kegiatan Muatan Lokal Keputrian di SMK PGRI 3 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bentuk pengamalan pendidikan Islam melalui kegiatan keputrian terdapat tiga aspek didalamnya yaitu Tauhid, Ibadah, dah Akhlak. Dan bentuk pengamalan berupa shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, salam sapa terhadap guru, dan kewajiban memakai jilbab saat pelajaran Pendidikan Agama Islam., (2) Strategi pengamalan pendidikan agama Islam melalui aspek penanaman-penanaman akhlak. Dan strategi yang digunakan antara lain strategi eskpositori, Tanya jawab, kolaboratif, dan sharing(berbagi), (3) Faktor yang mendukung antara lain: Kegiatan keputrian ini memiliki tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan Agama Islam yaitu memperbaiki akhlak, Sekolah memberikan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan ini karena memberikan manfaat yang lebih untuk masa depan peserta didik, terdapat ahli psikologi, dan Fasilitas yang memadai untuk proses kegiatan keputrian. Dan faktor penghambat antara lain : Ketika pada hari Jumat terdapat kegiatan maka keputrian ikut libur, Beberapa siswa yang tidak mengikuti keputrian dengan alasan banyak tugas dan nilai muatan lokal tidak begitu mempengaruhi rapot, kurang efektif, keterbatasan waktu, kurangnya mentor, dan Kegiatan keputrian kebanyakan menggunakan aula lantai 2 namun jika aula tersebut mendadak digunakan pihak sekolah maka keputrian harus mencari tempat lain.
INGGRIS:
The practice of Islamic education through womanhood local content is a teacher way to control and direct outside Islamic religious lesson. Our national education crisis in four aspects, one of which is the declining morals and attitudes of learners. Therefore all aspects of the educational element should help each other in awarding it off. One of the ways were used by the SMK PGRI 3 Malang is making the activities of womanhood local content. These activities can be expected to control, oversee and direct the student related the women problems.
The purposes of the research are to know the form of the practices of Islamic education, such as unity of God, worship, and attitudes of students through womanhood local content, and to know the strategies in implementation of religious activities in the curriculum of womanhood local content, and to know the supporting and restricting factor in the implementation of womanhood local content activities in SMK PGRI 3 Malang.
The research used qualitative research approach with descriptive research type. The main key instrument is the researcher. The kind of data collection techniques were observation, interview and documentation. The data were analyzed by the reduction of irrelevant data, explanation the data and conclusions.
The results showed that (1) the form of the practice of the Islamic education through womanhood activities are three aspects namely unity of God, worship, and attitudes. The implementation of that are the practice of praying Dhuha and Dhuhur together, saying salam to the teachers, and wearing a hijab while Islamic religious education lessons, (2) the strategies used for implementation of the Islamic religious education through aspects of filling attitudes are expository, questioning strategy, collaborative, and sharing, (3) the factors that support a womanhood activities, such as: it has the same goals with the goals of Islamic education namely improving the attitudes, school provides full support over the implementation of these activities because it gives more benefits for the future of learners, there are psychologists, and adequate facilities for the process of womanhood activities. But there are also restricting factors such as: When there is activity on Friday then womanhood activities would be removed, some students who did not follow womanhood activities because they have many tasks and values of local content is not give affect to rapot, less effective, time limited of the time, lack of mentors, and womanhood activities mostly use hall of second floor but if the hall suddenly used by the school womanhood should look elsewhere.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengamalan; Pendidikan Agama Islam; Muatan Lokal Keputrian; Practice; Islamic Education; Womanhood Local Content; ممارسة, التربية الإسلامية, المحتوى المحلى للنساء | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 16:36 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 16:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3675 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |