Hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh orangtua dengan motivasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang

Wicaksono, Achmad Sulung Arief (2016) Hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh orangtua dengan motivasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10410111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pentingnya motivasi belajar bagi seorang anak dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai penggerak pada dirinya agar terdorong atau tergerak untuk melakukan kegiatan belajar tanpa adanya suatu paksaan, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak agar memiliki motivasi belajar, salah satu faktornya adalah pola asuh orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi anak terhadap pola asuh orang tua siswa-siswi di Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar di Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara persepsi anak terhadap pola asuh orang tua pada siswa-siswi di Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional, dengan menggunakan skala untuk mengukur kedua variabel. Subjek pada penelitian ini berjumlah 50 siswa, terdiri dari kelas X, XI, dan XII.

Pada penelitian ini ditemukan bahwa tingkat persepsi anak terhadap pola asuh orang tua pada siswa Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang mayoritas berada pada kategori sedang dengan prosentase 72% (36 siswa), sedangkan 14 % (7 siswa) memiliki tingkat persepsi terhadap pola asuh yang tinggi dan 14% (7 siswa) memiliki tingkat persepsi terhadap pola asuh yang rendah. Untuk tingkat motivasi belajar diketahui bahwa mayoritas siswa Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang berada pada kategori sedang dengan prosentase 74% (37 siswa), sedangkan 14% (7 siswa) memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah, dan 12% (6 siswa) memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara persepsi anak terhadap pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy diperoleh r = 0,683 dengan p= 0,000 dan berada pada taraf signifikansi 0,01 sehingga P < 0,01, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

ENGLISH:

The importance of learning motivation for children in their daily life leads them to do the learning process voluntarily. There are some factors influencing children to have their learning motivation, one of which is their parental care.

The study aims to find out the level of children perception on their parental care, the level of their learning motivation, and the significant correlation between children perception on parental care and learning motivation in Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring, Malang.

The study employs a correlational quantitative approach, by using scales to measure both variables. The subject of the study consist of 50 students of X, XI, and XII grades.

The result of the study shows that the Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring students’ perception on parental care is in medium level with the percentage of 72% (36 students), while 14 % of them (7 students) has a higher perception and the rest 14% (7 students) has a lower perception. Most students 74% (37 students) of Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring has a medium level of learning motivation, 14% (7 students) has a lower learning motivation and 12% (6 students) has a higher learning motivation. The study shows a positive correlation between children perception on their parental care and learning motivation. It is proven by the correlation coefficient rxy with r = 0.683 and p= 0.000. The significance level is 0.01 so that the P < 0.01. Therefore, the hypothesis of the study is accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi
Keywords: Persepsi anak terhadap pola asuh orangtua dan motivasi belajar; Children perception on parental care and learning motivation
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Kumala Inayati
Date Deposited: 22 Jul 2016 09:43
Last Modified: 22 Jul 2016 09:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item