Pengaruh kecerdasan emosional terhadap konsep diri pada santriwati remaja awal Pondok Pesantren Ar-Rahmah Lumajang

Widad, Afifatul (2016) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap konsep diri pada santriwati remaja awal Pondok Pesantren Ar-Rahmah Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12410052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Santriwati pada usia remaja yang baru masuk pondok pesantren seringkali memiliki masalah dengan penyesuaian lingkungan, tidak jarang terdapat ketidak sesuaian antara peilaku dan cara berfikir remaja pada kematangan emosional masih belum stabil sedangkan perkembangan mental terus mengalami peingkatan, sehingga terkadang menimbulkan perasaan mudah marah . penelitian yang telah dilakukan oleh yuniar dkk 2005 (hidayat,2009) menunjukkan bahwa setiap tahunnya 5-10% dari santri baru di pondok pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam Surakarta mengalami masalah dalam melakukan penyesuaian diri, seperti tidak mampu mengikuti pelajaran, tidak bisa tinggal diasrama karena jauh dari orang tua, melakukan tindakan yang melanggar aturan pondok dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap konsep diri pada santriwati remaja awal pondok pesantren Ar-Rahmah Lumajang.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode analisisdeskriptif. Pada penelitian ini digunakan dua jenis-jenis angket yaitu angket kecerdasan emosional dan konsep diri untuk mengumpulkan data. Responden penelitian ini terdiri dari 80santriwatiremaja awal Pondok pesantren Ar-rahmah Lumajang dengan tehnik kuota sampling. Untuk melihat seberapa jauh pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap konsepdiridigunakan metode Regresi Linier sederhana.

hasil perhitungan statistik dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows, disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pada kecerdasan emosional terhadap konsepdiri. Tinggi, sedang, dan rendah kecerdasan emosonal tidak berpengaruh pada konsepdiri.Juga terdapat beberapa temuan baru antara lain motivasidiri paling mendominasi pada kecerdasan emosional dan dimensi internal paling mendominasi pada konsep diri santriwati remaja awal pondok pesantren Ar-Rahmah Lumajang. Santriwati dengan usia 13 tahun memiliki konsep diri yang tinggi dan santriwati dengan usia 13 memiliki kecerdasan emosional sedang.

ENGLISH:

Female students in their teens who are new to boarding school often have problems with environmental adjustment , not infrequently there is a mismatch between the behavior and way of thinking teenager on emotional maturity while still unstable mental development continued to experience modest improvement , so that sometimes causes feelings of irritability . research conducted by Yuniar et al 2005 ( Hidayat , 2009) showed that annually 5-10 % of the new students in boarding schools Modern Islam ( PPMI ) Assalam, Surakarta having trouble making the adjustment , such as not being able to follow the lessons , cannot stay dormitory for being away from their parents , commit acts that violate the rules of the cottage and so forth.The purpose of this research is to determine the influence about emotional intelligence to self concept of students first grade Ar-Rahmah Islamic Boarding School Lumajang.

This research is include of quantitative research with descriptive analysis method. This research used 2 types of questionnaire they are intelligence questionnaire and self concept for submitting data. The respondent of this research consist of 80 student first grade Ar-Rahmah Islamic Boarding School with random sampling technique. To know how far the influence between emotional intelligence to self concept used Simple Linear Regression method.

The result of statistic using by SPSS 16.0 for windows program, is cloncluded there is no influence to emotional intelligence to self concept, high, medium, low of intelligence are not influence to self concept. Also there is a some new invention, they are self motivation is dominate at emotional intelligence and internal dimension is dominate at self concept of student first grade of Ar-Rahmah Islamic Boarding School Lumajang, the 13 years old students have a high self concept and the 13 years old student have medium intelligence emotion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Purwaningtyas, Endah Kurniawati
Keywords: Konsep diri; Kecerdasan emosional; Self concept; Emotional intelliegence
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:24
Last Modified: 25 Jul 2016 09:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3654

Actions (login required)

View Item View Item