Sariatulisma, Sariatulisma (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema dinamika interaksi manusia untuk peningkatan minat belajar pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Zaman modern guru dituntut kreatif dan inovatif mengembangkan dan mengintegrasikan program komputer dalam kegiatan pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif inovatif dan menyenangkan. Dengan begitu akan terciptanya multiinteraksi, baik antar guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa.
Untuk menunjang harapan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada pelajaran IPS tema Dinamika Interaksi Sosial pada siswa kelas VII di SMPN 12 Malang. (2) Menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 terhadap minat belajar pada pelajaran IPS tema Dinamika Interaksi Sosial pada siswa kelas VII di SMPN 12 Malang.
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 12 Malang berjumlah 30 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) angket evaluasi ahli media, (2) angket evaluasi ahli materi, (3) angket evaluasi media oleh guru, (4) angket evaluasi media oleh siswa, (5) angket minat belajar siswa, (6) soal pre test dan posttest.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) tahap analisis. Analisis kurikulum pada materi hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lalu. (2) tahap desain, pembuatan desain media yaitu berupa storyboard dan flowchart.(3) tahap pengembangan, pembuatan produk media, berupa pengetikan dan revisi dari para ahli. (4) tahap implementasi, uji coba produk dilakukan di kelas VII A dan guru IPS di SMPN 12 Malang. (5) tahap evaluasi, berdasarkan angket dosen ahli materi, guru mata pelajaran IPS, dan siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mempunyai kriteria baik. Hasil analisis angket minat belajar siswa rata-rata semua aspek adalah 82,8%, dengan kategori positif. Sementara hasil uji t juga menunjukkan hasil yaitu rata-rata pretest sebesar 50 dengan standar deviasi 16,10 dan posttest dengan mean sebesar 66,80 dengan standar deviasi 22,83. Signifikansi perbedaan antara pretest dan posttest yaitu 0,000. Karena nilai probabilitas 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak.
ENGLISH:
In modern era, teacher is demanded to be creative and innovative to develop and integrate computer program in teaching process so that it could establish active, creative, innovative and amusing learning. As a result, multi interaction will be established either between teacher and student, student andh teacher, student and student.
To kick that hope, this research is aimed to: (1) explain the process in developing learning media macromedia flash 8 in social knowledge course, by the theme dynamic of human’s interaction to increase students’ learning interest in VII grade State Junior High School (SMPN) 12 Malang. (2) Explain the effect of using macromedia flash 8 toward students’ learning interest in VII grade State Junior High School (SMPN) 12 Malang.
Type of the research conducted is Research and Development referring on development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The subjects of this research are 30 students of VII grade State Junior High School (SMPN) 12 Malang. The instruments used are (1) evaluation questionnaire of media expert, (2) evaluation questionnaire of material expert, (3) media evaluation questionnaire by teacher, (4) media evaluation questionnaire by student, (5) students’ learning interest questionnaire, (6) Pre test and post test questions.
The result of this research, as follows: 1) Analysis step. Curriculum analysis on material the result of Indonesian society’s culture in the past (2) design step, making media design is storyboard and flowchart. (3) Development step, making media product, is typing and revising from experts. (4) Implementation step, test of the product is done in VII A grade and social teacher in State Junior High School (SMPN) 12 Malang. (5) Evaluation step, based on questionnaire of material experts, social knowledge teacher and student are concluded that leaning media has good criteria. The result of students’ learning interest for all aspects is 82,8% in average, with a positive categorization. While for t-test reveals the satisfying result that is mean pre-test is 50 standard deviation 16,10 and post-test mean is 66,80 standard deviation 22,83. Significance of difference between pre-test and post-test is 0,000. Since the value of probability is 0,000 < 0,05, so Ho is rejected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media pembelajaran; Minat belajar; ADDIE; Learning Media, Learning Interest, ADDIE | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Desy Putri Andika | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 13:04 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 13:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3638 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |