Responsive Banner

Penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan

Mutohir, Arif (2015) Penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Mutohir, Arif. 2015. Penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembimbing Skripsi: Dr. H. M. Zainuddin, MA

Komponen pembelajaran meliputi tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Kurikulum dijadikan sebagai acuan dan dasar untuk melakukan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan. Saat ini pemerintah menerapkan kurikulum 2013 menggunakan saintifik menggantikan kurikulum lama KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 menekankan pengembangan kemampuan memecahkan masalah untuk membangun pemahaman dan keterampilan berinteraksi dengan lingkungan, menghargai, toleransi, memiliki sikap baik, terampil, dan berpengetahuan.

Tujuan penelitian adalah untuk : (1) mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan, (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan dalam penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, (3) mendeskripsikan kendala penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan sebanyak tiga kali tatap muka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, (2) Hasil belajar peserta didik kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan dalam penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pertemuan pertama 82,8% berkategori baik dan 17,2% berkategori kurang, pertemuan kedua 72,4% berkategori baik dan 27,6% berkategori kurang, pertemuan ketiga 79,3% berkategori baik dan 20,7% berkategori kurang, (3) Kendala penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Babat Kabupaten Lamongan bahwa hasil observasi terhadap guru berkategori sangat baik yaitu pertemuan pertama 90,9%, pertemuan kedua 93,2%, dan pertemuan ketiga 94,3%. Hasil observasi peserta didik pertemuan pertama lulus 82,8% tidak lulus 17,2%, pertemuan kedua lulus 72,4% tidak lulus 27,6%, serta pertemuan ketiga lulus 79,3% tidak lulus 20,7%. Hasil wawancara menunjukkan terbatasnya buku paket, kurangnya sosialisasi kurikulum, serta rumitnya penilaian.

ENGLISH:

Learning component includes : goal, material, method and evaluation. Curriculum became as reference and basis to do learning process to reach educational goal. Today our goverment implement curriculum 2013 based on scientific approach to replace the old curriculum KTSP. Scientific approach in the curriculum 2013 focused on developing ability to solve the problem to set up understanding and the ability to interact with surrounding, respect, tolerance, having good attitude, competence, and knowledgeable.

The goal of the research is : (1) To describe of implementation of curriculum 2013 based on scientific approach on the subject of Aqidah Akhlak in seventh B grade of MTsN Babat Lamongan. (2) To describe the result of student learning in the seventh B grade of MTsN Babat Lamongan in the implementation of curriculum 2013 based on scientific approach on the subject of Aqidah Akhlak.(3) To describe the obstacles of the implementation of curriculum 2013 on the subject of Aqidah Akhlak in seventh B grade of MTsN Babat Lamongan.

To reach these goals above, the method used in this research is descriptive qualitative which is done as much as three times of face to face. Data tehnical collection used in this research is interview, observation, and documentation. Data to be analyzed by describing, explanating, and taking conclusion.

The result of the research show that, (1) the implementation of curriculum 2013 based on the scientific approach on the subject of Aqidah Akhlak in the seventh B grade MTsN Babat Lamongan included planning, implementing and learning evaluation. (2) The result of students learning in the seventh B grade of MTsN Babat Lamongan in the implementation of curriculum 2013 based scientific approach on the subject of Aqidah Akhlak in the first stage is 82,8 % good catagory and 17,2 % minus catagory, in the second stage is 72,4 % good catagory and 27,6 % minus catagory, in the thrird stage is 79,3 % good catagory and 20,7 % minus catagory, (3) The obstacles of the implementation of curriculum 2013 on the subject of Aqidah Akhlak in the seventh B grade of MTsN Babat Lamongan the result of observation to the teachers in the first stage 90,9 %. Second stage 93,2 % and the third 94,3 %. The result of observation to the students in the first stage 82,8 % passed grade and 17,2 % donot passed. Second stage 72,4 % passed grade and 27,6 % donot passed. And the third stage 79,3 % passed grade and 20,7 % donot passed. The result of interview shows that the limited of students packed book and the lack of socialization of the curriculum and also complicated assasement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zainuddin, M
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDZainuddin, MUNSPECIFIED
Keywords: Kurikulum 2013; Saintifik; Curriculum 2013; Scientific.
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Maimunah
Date Deposited: 22 Jul 2016 13:08
Last Modified: 22 Jul 2016 13:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3627

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item