Implementasi pendidikan multikultural di SMP Immanuel Batu

Elfanto, Yuda Dwi (2016) Implementasi pendidikan multikultural di SMP Immanuel Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Multikulturalisme sebagai sebuah paham yang menekankan pada kesederajatan dan kesetaraan budaya-budaya lokal tanpa mengabaikan hak-hak dan eksistensi budaya yang lain penting kita pahami bersama dalam kehidupan masyrakat yang multikultural seperti Indonesia. Pendidikan multikultural dapat dirumuskan sebagai wujud kesadaran tentang keanekaragaman kultural, hak-hak asasi manusia serta pengurangan atau penghapusan segala jenis prasangka atau prejudise untuk membangun suatu kehidupan masyrakat yang adil dan maju.Pendidikan multikultural juga dapat diartikan sebagai strategi untuk mengembangkan kesadaran atas kebanggaan seseorang terhadap bangsanya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui perlu dan pentingnya implementasi pendidikan multikultural di SMP Immanuel Batu (2) Untuk mengetahui proses pengimplementasian pendidikan multikultural di SMP Immanuel Batu (3) Untuk mengetahui faktor apa yang mendorong dan menghambat jalannya proses implementasi pendidikan multikultural di SMP Immanuel Batu.

Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Implementasi pendidikan multikultural dirasa penting dan perlu mengingat kondisi latar belakang keberagaman yang berbeda-beda pada siswa SMP Immanuel Batu (2) Proses pengimplementasian pendidikan multikultural dilaksanakan di dalam lingkup formal (kelas atau sekolah) seperti kegiatan ekstrakulikuler maupun non formal (di luar kelas atau asrama)dan berlangsung sangat baik. Sikap demokratis dan toleransi tercermin dalam perilaku siswa sehari-hari baik di dalam maupun di luar lingkup sekolah(3) Terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam jalannya proses implementasi pendidikan multikultural di SMP Immanuel Batu.Salah satu faktor pendorong disini seperti suasana sekolah yang multikultur dan juga salah satu faktor penghambatnya disini ialah tentang lokasi keberadaan sekolah tersebut.

ENGLISH:

Multiculturalism as doctrine which emphasized equality of cultures without ignoring the rights and existence of other cultures.Multiculturalism absolutely important for Indonesia, cause of the heterogeneity. Multicultural education can be formulated as form of awareness about cultural diversity, human rights and prejudice reduction to build an equitable community. Multicultural education also interpreted as strategy to develop an awareness of people’s pride.

The purpose of this study are: (1) to find out the need and importance of multicultural education implementation at Junior High School Immanuel Batu (2) to know the process of multicultural education implementation in Junior High School Immanuel Batu (3) to find out supported factors and barriers of multicultural education implementation in Junior High School Immanuel Batu.

This research methods used qualitative approach and kind of case study. Then data collection taken by observation, interviews, and documentations.

The results of this study showed that are: (1) the implementation of multicultural education is important cause of student’s background diversity Junior High School Immanuel Batu (2) the process of multicultural education carried out in formal (classroom or school) and extracurricular (outside or the dorm) and lasts very well. Democratic attitudes and tolerance reflected in students behavior both inside and outside school (3) there is some supported and barriers of processes implementation multicultural education in Junior High School Immanuel Batu. One of the driving factors such as the multicultural atmosphere in school and also one of barrier is about the location.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mubaraq, Zulfi
Keywords: Implementasi; Pendidikan multikultural; Implementation; Multicultural education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:12
Last Modified: 22 Jul 2016 06:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item