Faizin, Ahmad (2016) Strategi pengamalan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa melalui binaan rohani di SMP Katolik Widyatama Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam budaya, ras, dan agama. Ragam perbedaan yang terjadi ini menjadikan negara Indonesia semakin berwarna, namun diakui atau tidak keragaman ini akan menimbulkan berbagai konflik, seperti perseteruan antar agama, bentrok antar warga yang berbeda ras atau budaya, sebagaimana yang telah terjadi beberapa tahun yang lalu di Poso, Ambon, Aceh, Sampit, Tolikara, dan masih banyak daerah lainnya. Salah satu faktor yang diyakini oleh masyarakat dalam kelangsungan hidup rukun dan damai adalah pendidikan, khususnya pada pendidikan toleransi beragama. Reaktualisasi pendidikan toleransi harus dapat merubah realitas sosial yang lebih baik, lebih-lebih pendidikan agama yang ada di lembaga-lembaga pendidikan, seperti upaya pembinaan toleransi beragama di SMP Katolik Widyatama kota Batu, lembaga ini melaksanakan pembinaan toleransi beragama lewat bina iman/binaan rohani dan menggunakan strategi yang efektif dan efisien.
Dalam penelitian ini mencakup pada dua pokok pembahasan, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan binaan rohani di SMP Katolik Widyatama Kota Batu ?, (2) Bagaimana strategi pengamalan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa di SMP Katolik Widyatama Kota Batu ?
Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bina iman/binaan rohani di SMP Katolik Widyatama kota Batu ini sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap menerima dalam hidup berdampingan dengan warga sekolah yang heterogen, menghormati dan menghargai perbedaan dan keyakinan orang lain, menjalin kerjasama dalam bidang sosial, seperti adanya ekstrakulikuler dan acara sekolah yang menyangkut keagamaan. Strategi dalam menerapkan nilai-nilai toleransi beragama di SMP Katolik Widyatama kota Batu melalui dua tahap, yaitu 1) Pembinaan dalam kelas. 2) Pembinaan luar kelas.
INGGRIS:
Indonesia is a country made up of diverse cultures, races, and religions. Variety difference does this make the country Indonesia more colorful, but it is recognized or not this diversity will lead to various conflicts, such as the feud between religions, conflicts between people of different races or cultures, as has happened several years ago in Poso, Ambon, Aceh , Sampit, Tolikara and many other areas. One factor that is believed by the public in survival in harmony and peace is education, especially the education of religious tolerance. Reactualization tolerance education should be able to change the social reality better, the more religious education in educational institutions, such as the development efforts of religious tolerance at Catholic Junior High Widyatama Batu, these institutions implement guidance religious tolerance through bina faith / assisted spiritually and using effective and efficient strategy.
In this study include the two in issue, namely: (1) How is the implementation of the spiritual in Catholic Junior High School built Widyatama Batu?, (2) How does the strategy practice of the values of religious tolerance in students at Catholic Junior High Widyatama Kota Batu?
In this study, used a qualitative approach was descriptive. Descriptive qualitative research is research that aims to understand the phenomenon of what is experienced by research subjects, such behavior, perception, motivation, action, and others in a holistic manner, and by way of description in the form of words and language, in a particular context natural by utilizing the method of observation, interviews and documentation. The results showed that, bina faith / spiritual fostered at Catholic Junior High Widyatama Batu town was very good. This is evidenced by their acceptance of the co-existence of heterogeneous school community, respect and appreciate differences and beliefs of others, cooperation in social areas, such as their extracurricular and school-related events religious. The strategy in applying the values of religious tolerance at Catholic Junior High Widyatama Batu through two phases: 1) Fostering the classroom. 2) The development outside the classroom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Tharaba, M. Fahim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Nilai-nilai Toleransi Beragama; Binaan Rohani; Strategy; Values Religious Tolerance; Patronage Spiritual; الطريقة وقيم التسامح الدينية وتدريس الروحانية | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 17:28 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 17:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3617 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |