Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan menapak jejak Islam di Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Agusningtias, Dhyna (2015) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan menapak jejak Islam di Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Novel 99 Cahaya di Langit Eropa tidak hanya memiliki fungsi sebagai media hiburan, namun juga dapat menjadi media dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan khususnya pendidikan Islam. Penulis novel yakni Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra menceritakan pengalaman religi yang membuat keduanya semakin bangga terhadap Islam ketika hidup di benua yang mayoritas penduduknya ateis. Penulis berkisah mengenai muslim sebagai penduduk minoritas yang sebenarnya sulit untuk mempertahankan prinsip agama, namun dengan iman yang kuat mereka mampu bertahan dan menjalankan ajaran agama dengan khidmat. Hanum dan Rangga mencoba untuk menjalankan misi Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin tidak hanya pada sesama muslim, tetapi juga pada non-muslim. Keduanya menggambarkan buah dari ketaatan menjalankan perintah dan menjauhi larangan agama dan berbuat baik kepada sesama, yakni timbulnya rasa toleransi antar umat manusia. Menurut peneliti novel 99 Cahaya di Langit Eropa dapat mejadi salah satu pilihan untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Tujuan penelitian ini tidak lain ialah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dan gambaran Islam pada masa sebelum renaissance dan kondisi Islam saat ini di benua Eropa dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Selain itu melalui penelitian ini peneliti juga ingin membuktikan relevansi novel 99 Cahaya di Langit Eropa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas.

Dalam melaksanakan penelitian dimaksud, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Sedangkan langkah utama yang digunakan untuk menganalisis data ialah melalui content analysis atau analisis isi.

Setelah melaksanakan penelitian peneliti berhasil memperoleh 2 temuan diantaranya: 1) Novel 99 Cahaya di Langit Eropa di Eropa memiliki substansi yang sarat akan nilai-nilai pendidikan Islam, diantaranya manusia sebagai hamba wajib percaya bahwa Allah swt. adalah satu-satunya dzat yang wajib disembah dengan cara melaksanakan ibadah baik ibadah khusus yakni hubungan antara manusia dengan Allah swt. seperti sholat, zakat, puasa, dan haji dan ibadah umum yakni hubungan antara manusia dengan manusia dan makhluk lainnya seperti saling tolong menolong, bersilaturahmi, dan lain-lain. Selain itu umat muslim juga wajib memiliki akhlak mulia dengan meneladani akhlak Rasulullah saw. terhadap diri sendiri, orang tua, tetangga, dan makhluk lainnya. 2) Novel 99 Cahaya di Langit Eropa memiliki relevansi terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas. Dalam novel tersebut penulis menggambarkan secuil sejarah perkembangan peradaban Islam di Eropa, sejak Eropa dalam masa kegelapan hingga Eropa menemukan cahaya dan bangkit kembali (renaissance). Penulis juga menunjukkan beberapa peninggalan dan warisan khilafah Islam yang masih tersimpan di beberapa museum di Eropa.

ENGLISH:

Novel 99 Cahaya di Langit Eropa does not only function as a fun media, but it also become a media that internalize the values of Education specifically Islamic Education. The writers, Hanum Salsabiela Rais and Rangga Almahendra tell the religious experiences that make the both of them have more pride to Islam when living in the continent in which the majority of the people are the atheist. The writers told about Muslims as the minority in an area which is actually difficult to hold on the religious principles, but with a strong faith, they are able to hold out and run the religious teaching with respect. Hanum and Rangga tried to run Islamic mission as a religion rahmatan lil ‘alamin not with only to the same Muslims, but also to the non-Muslim. They both describe the sweetness of obeying and doing the orders and avoiding the prohibition of Islam, do good to everybody in the form of helping for good. According to the researcher Novel 99 Cahaya di Langit Eropa can be an option for learning media in the class.

The objectives of the study are to know the values of Islamic Education and Islamic description in the era pre-renaissance and Islamic condition today in Europe continent within 99 Cahaya di Langit Eropa. Besides, through this study, the researcher also wants to prove the relevance of Novel 99 Cahaya di Langit Eropa towards Islamic Education study in the class.

In doing the research, the researcher uses qualitative descriptive approach with observation technique, interview, and documentation in data collection. While the main step performed to analyze the data is through content analysis.

The results of the study showed that 1) Novel 99 Cahaya di Langit Eropa in Europe has the substantial which is in accordance with the values of Islamic Education. For instance, human as servant is obligated that Allah must be worshiped by doing devotions whether the certain devotions which is the relation between human and Allah SWT such praying, tithe, fasting, and pilgrim or the general devotions such the relation between human and human and other creatures like helping each other, good relationship, and so fords. On the other hand, the Muslim also must have good behavior by doing what Rasullullah does towards himself, parents, neighbors, and other creatures. 2) Novel 99 Cahaya di Langit Eropa has the relevance towards the study of Islamic Education in the class. Within the Novel, the writers describe little history of Islamic civilization development in Europe since it was in the dark era to the light one and raise forward (renaissance). The writers also leave some legacies of Islamic Schools saved in European Museum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujtahid, Mujtahid
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam; Novel 99 cahaya di langit eropa; Islamic educational values,
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Maimunah
Date Deposited: 21 Jul 2016 10:44
Last Modified: 05 Jan 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item