Prasetyo, Septian Dwi (2016) Upaya guru sejarah dalam meningkatkan efektifitas belajar melalui optimalisasi fungsi museum sebagai sumber belajar di Man 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Indonesia merupakan Negara yang kaya budaya. Keragaman budaya yang dimiliki malalui persistiwa sejarah yang panjang. Sudah seharunya diapresiasi masyarakat dan khususnya siswa. Dengan adanya sebuah museum mayarakat dan siswa bisa melihat keragaman dan peninggalan-peninggalan budaya tersebut. Pengertian museum telah dirumuskan oleh ICOM (International Council of Museum ) yaitu museum adalah suatu lembaga bersifat tetap, tidak mencari keuntungan dalam melayani masyarakat. Ada beberapa pembagian museum.Menurut lokasinya museum dibagi menjadi tiga yaitu museum lokal dan museum lapangan.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana optimalisasi fungsi museum sebagai sumber pembelajaran sejarah di MAN 1 Probolinggo. Tujuan utama dalam penelitian sebagai mengoptimalkan fungsi museum ini untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran sejarah. Dengan adanya mengoptimalkan fungsi museum ini agar siswa bisa lebih efektif dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian upaya guru sejarah dalam meningkatkan efektifitas belajar melalui optimalisasi fungsi museum sebagai sumber belajar di man 1 kota probolinggo ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi dan mendeskripsikan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini. 1) Museum Dalam pelaksanaan pengoptimalan museum ini memberikan suatu sumber pembelajaran yang konkret pada siswa ataupun masyarakat. Agar siswa bisa mempunyai wawasan yang luas dan mempunyai suatu gagasan ide baru, dalam pengoptimalan fungsi museum sebagai sarana peningkatan pemahaman terhadap peristiwa sejarah siswa. 2) Dari hasil kunjungan ke museum ini Hasil yang diperoleh dari pemanfaatan museum sebagai sumber pembelajaran sejarah yaitu diantaranya :1) Menarik minat belajar siswa. 2) Peningkatan pengetahuan tentang sejarah kota probolinggo. 3) Kemampuan siswa dalam menyampaikan apa yang didapatkan setelah kunjungan ke museum baik secara lisan maupun tulisan 4) Penilaian Akhir atau evaluasi hasil kunjungan ke museum berupa pertanyaan yang diberikan oleh peneliti dan guru.
ENGLISH:
Indonesia is a rich culture country. The cultural diversity that is owned through a long historical events. it shall be appreciated people and especially students. With the museum of society and the students can see the diversity and the cultural relics. Understanding the museum has been formulated by ICOM (International Council of Museums) that the museum is a permanent institution, non-profit in serving the community. There is some division of the museum. According to its location the museum is divided into three, namely local museums and field museum.
Problems to be addressed in this study are how to optimize the function of the museum as a source of history teaching in MAN 1 Probolinggo. The main objective in the study were as optimizing the function of the museum that is to improve the effectiveness of history teaching. With the optimal functioning of this museum so that students can be more effective in history teaching.
Research of history teachers efforts in improving learning effectiveness by optimizing the function of the museum as a learning resource in MAN 1Probolinggo is a qualitative descriptive study. A form of research devoted to describe phenomena that exist, whether a natural phenomenon or human made. This study aimed to obtain information and describe research results.
The results of this study. 1) In the implementation of optimization Museum This museum given a concrete learning resources to students or to the public. So that students can have a broad insight and new ideas, in the optimization of the museum functions as a means of improving students' understanding of historical events. 2) From the visit to this museum Results obtained from the use of the museum as a resource for learning the history: 1) Attractive student interest. 2) Improved knowledge about the history of the city of Probolinggo. 3) The ability of the students in conveying what was obtained after a visit to the museum both orally and in writing 4) End or evaluation visit to the museum in the form of questions provided by the researcher and teachers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Optimalisasi; Museum; Sumber pembelajaran; Efektifitas; Optimization; Museum; Learning resources; Effectiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Desy Putri Andika | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 13:06 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 13:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3614 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |