Strategi pendidikan nilai di SMPN 4 Malang

Hardianti, Siti Dina (2016) Strategi pendidikan nilai di SMPN 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Problem kemrosotan moral akhir-akhir ini menjangkit sebagian besar generasi muda. Gejala kemrosotan moral diindikasikan dengan merebaknya kasus penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas dan aneka perilaku tidak terpuji lainnya. Mode kekinian atau kecenderungan yang diikuti pelajar sering kali tidak sesuai dengan nilai dan norma yang harus dimiliki pelajar sehingga tanpa disadari sikap sopan santun, jujur, disiplin di Indonesia mulai meluntur. Selain itu, kelalaian sikap remaja dalam bertindak menjadikan pelajar tumbuh tidak sesuai dengan ajaran agama. Pendidikan dalam hal ini sekolah memiliki peran penting dalam memperbaiki kemrosotan moral dalam kehidupan. SMPN 4 Malang merupakan salah satu sekolah yang ikut memperbaiki merosotan nilai dan moral pelajar dengan menerapkan pendidikan nilai dalam seluruh kegiatan disekolah.

Penelitian ini berfokus pada 1) Strategi pendidikan nilai dalam kegiatan sekolah di SMPN 4 Malang. 2) Strategi pelaksanaan pendidikan nilai sosia dan keagamaan dalam pembeajaran IPS di SMPN 4 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Strategi dalam pelaksanaan pendidikan nilai di SMPN 4 Malang dilakukan dengan cara a) Internalisasi nilai dalam setiap kegiatan, internalisasi dilakukan dengan pengembangan kebudayaan sekolah, pembinaan minat dan bakat, menyelenggarakan perlombaan, dan menyelengarakan aktifitas seni, b) Keteladanan, kepala sekolah, guru, dan staf sekolah berusaha menjadi contoh dalam setiap program yang diterapkan disekolah, c) Pembiasaan, setiap program dilakukan secara terus menerus sehingga membentuk karakter siswa, d) Menciptakan suasana bersistem nilai merupakan implementasi visi dan misi sekolah berupa program kegiatan sekolah penegakkan kedisiplinan dan tata tertib sekolah, kegiatan membaca Al-Qur’an, Sholat dhuha dan istigosah akbar, Jum’at bersih dan senam pagi, peringatan hari besar, serta pembinaan minat dan bakat. 2) Pendidikan nilai sosial dan keagamaan dalam pembelajaran harus terintegrasi dalam rencana pembelajaran, pelaksanan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Adapun strategi yang digunakan dalam pembelajaran IPS yaitu dengan a) internalisasi nilai yang dilakukan dengan cara memahami sikap siswa, memberikan tanggung jawab, menyadarkan siswa untuk mengenal sikapnya, memberikan motivasi dan membangun hubungan yang mendukung. b) menerapkan keteladanan terhadap setiap nilai-nilai yang diterapkan dalam pembelajaran. c) menerapkan pembiasaan pada setiap pembelajaran dilaksanakan.

ENGLISH:

The problem of moral degradation recently happens in most of young generation. Moral degradation is indicated by spread of drug abuse, free sex, crimes and other bad attitudes. Nowadays mode or the tendency followed by the students is often not in accordance with value and norms which should be belonged to them so that unintentionally, respect, honest discipline in Indonesia are getting decreased. Besides, the carelessness of youth to behave makes them grow cross the religion. Education in this case is school which has important role to repair value and moral degradation of students in this life. Junior High School 4 Malang is one of the schools repairing it by applying education values in all activities at school.

This research focuses on 1) strategies realization of implementing values education in school activities at Junior High School 4 Malang 2) strategy on realization value education in social knowledge lesson at Junior High School Malang

This research uses qualitative approach which case studies. Techniques to collect data: observation, interview and documentation analyzed by the steps: data reduction, data presentation and data verification and conclusion.

The results obtained from this research are 1) Strategies on realization social value education and religiousness at Junior High School Malang are done by a) internalize values in all activities done by developing couture of school and conduct art activity, b) role model, head master, teacher, staff attempt to be the example in every program applied in school c) habit, every program is done continuously so that it can build students’ character d) creating atmosphere valued system is implementation of vision and mission of schools that is school activity program establishing discipline and school’s rules, reading Qur’an, praying dhuha and istighosah akbar, cleaned Friday and aerobic, big days celebration and guiding passion and talent. 2) The education of social values and religiousness in learning should be integrated in lesson plan, lesson realization and lesson evaluation. Strategies on realization social value education and religiousness in social knowledge learning Junior High School Malang are a) internalize values done by understanding students’ attitude, giving responsibility, resuscitating students to recognize their attitude, giving motivation and building supporting relation b) applying example toward every values applied in lesson c) applying habit in every lesson done.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Esha, Muhammad In’am
Keywords: Strategi; Pendidikan Nilai; Strategy; Value education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:13
Last Modified: 22 Jul 2016 06:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item