Muaffa, Izzul (2022) Peran Ma'had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan interaksi sosial dan motivasi belajar mahasantri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
18130046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar akan menjadi maksimal ketika interaksi sosial dan motivasi belajar dari peserta didik berjalan dengan baik. Interaksi sosial akan berjalan ketika satu orang dengan yang lain saling berkomunikasi dan mengenal satu sama lain. Ketika peserta didik memiliki jiwa interaksi sosial yang tinggi maka akan memperoleh pengaruh positif dari adanya pergaulan antara satu orang dengan yang lain. Ma’had merupakan tempat dimana santri berkumpul dan memiliki potensi tumbuhnya interaksi sosial antara satu dengan yang lain. Tidak hanya sebagai tempat berkumpul santri, ma’had juga sebagai tempat menempuh pendidikan. Dengan adanya program kegiatan baik akademik maupun non akademik yang berpotensi menumbuhkan motivasi belajar bagi mahasantri.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan interaksi sosial pada mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly serta untuk mengetahui peran dari Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly.
Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Alasan dari penggunaan metode ini adalah karena data yang dipaparkan dalam bentuk deskripsi yang diperoleh peneliti melalui wawancara, pengamatan, serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya dima’had terjalin hubungan yang baik antara mahasantri dengan Pengasuh Ma’had, dengan Murobbi/ah serta dengan Musyrif/ah, juga dengan sesama mahasantri. Adanya bentuk kerjasama yang baik dalam kegiatan-kegiatan ma’had maupun aktivitas keseharian mereka. Dan adanya bentuk musyawarah untuk menyelesaikan beberapa persoalan dalam keseharian mahasantri. Baik itu persoalan sepele, maupun persoalan yang agak begitu berat. Serta adanya penerapan beberapa program kegiatan yang ada di Ma‘had Sunan Ampel Al-Aly guna menunjang kompetensi dan kemampuan belajar sehingga menumbuhkan rasa motivasi dalam diri mahasantri. Pemberian penghargaan atau reward kepada mahasantri teladan. Kemudian adanya dukungan fasilitas yang berupa sarana prasarana yang nyaman, aman dan memadai. Fasilitas ini juga mencakup peran pendidik (Pengasuh, Muallim/ah, Murobbi/ah, Musyrif/ah, dan lainnya). Pengaruh kelompok yang mendukung dalam proses pembelajaran, sehingga dalam diri masing-masing individu terdorong untuk belajar giat dan sungguh-sungguh.
ENGLISH:
Learning outcomes will be maximized when social interaction and learning motivation from students goes well. Social interaction will run when one person with another communicates and knows each other. When students have a high social interaction spirit, they will get a positive influence from the association between one person and another. Ma'had is a place where students gather and have the potential to grow social interaction with one another. Not only as a gathering place for students, ma'had is also a place to study. With the existence of a program of activities both academic and non-academic that has the potential to foster learning motivation for students.
The purpose of this study was to determine the role of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly in increasing social interaction among students of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly and to determine the role of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly in increasing learning motivation in students. student of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly.
This research used descriptive-qualitative method. The reason for using this method is because the data presented in the form of descriptions obtained by researchers through interviews, observations, and documentation.
The results of this study indicate that in Ma'had there is a good relationship between the students and the Caregivers of Ma'had, with Murobbi/ah and with Musyrif/ah, as well as with fellow students. There is a good form of cooperation in ma'had activities and their daily activities. And there is a form of deliberation to solve some problems in the daily life of students. Whether it's a trivial issue, or a rather serious problem. As well as the implementation of several program activities at Ma'had Sunan Ampel Al-Aly to support competence and learning abilities so as to foster a sense of motivation in students. Giving awards or rewards to exemplary students. Then there is support for facilities in the form of comfortable, safe and adequate infrastructure. This facility also includes the role of educators (caregivers, Muallim/ah, Murobbi/ah, Musyrif/ah, and others). The influence of a supportive group in the learning process, so that each individual is encouraged to study hard and earnestly.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nasith, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ma’had; Interaksi Sosial; Motivasi Belajar; Social Interaction; Learning Motivation; معهد ; تفاعل اجتماعي ; تحفيز التعلم | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Izzul Muaffa | ||||||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 11:03 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2022 11:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/36124 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |