Mufidah, Badzrotul (2016) Implementasi metode A* (A-Star) untuk NPC musuh pada game 3D pembelajaran kosakata Bahasa Arab. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10650116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bagi umat Islam khususnya, bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat istimewa, karena kitab bagi seluruh umat Muslim menggunakan Bahasa Arab. Bahasa Arab wajib dipelajari bagi umat Muslim untuk mengetahui kandungan-kandungan dari kitab Al-Qur’an. Untuk mempelajari bahasa arab kita harus mengetahui tentang Nahwu, Sorof, dan juga kosakata-kosakata dari bahasa arab itu sendiri. Untuk itu dibuatlah sebuah game 3D pembelajaran kosakata bahasa arab yang ditujukan untuk pemula. Dengan metode pembelajaran seperti ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan belajar bagi orang-orang yang ingin memulai belajar Bahasa Arab. Sehingga ketika kita bermain game kita tidak hanya mendapatkan kesenangan, tetapi kita juga mendapatkan Ilmu dari game bahasa arab ini.
Dalam game ini pemain akan dibawa ke pulau fantasi dimana di dalam pulau tersebut terdapat karakter-karakter penduduk pulau tersebut yang berbentuk angka dan buah-buahan. Dan pemain harus mengantarkan karakter tersebut ke dalam rumah karakter itu masing-masing. Supaya bisa meningkatkan keseruan dalam game, diterapkan algoritma A-Star pada pergerakan NPC musuh yang nantinya juga akan mengejar karakter penduduk, apabila player kalah cepat dengan NPC musuh maka player tidak akan mendapatkan point. Pengujian dilakukan pada perangkat mobile yang menggunakan platform android.
ENGLISH:
For Muslims in particular, Arabic is a language that is very special, because the book for all Muslims use the Arabic. Learning Arabic is obligatory for Muslims to know the contents of the book of the Qur'an. To learn Arabic language need to know about Nahwu, Sorof, and also new vocabulary words from the Arabic language itself. It made a 3D game Arabic vocabulary learning that is intended for beginners. By learning methods is expected to increase the desire to learn for people who want to start learning Arabic. So when we play the game we do not only have fun, but we also gain knowledge of this Arabic game.
In this game players will be brought to the fantasy island in the island where the characters who shaped the island's population and the number of fruits. And the player must deliver the character into the character of the house respectively. In order to increase the excitement in the game, A-Star algorithm is applied on the movement of enemy NPC that will also pursue the character of the population, if the player is lost quickly with the enemy NPC player would not get the point. Tests conduct on mobile devices that use the Android platform.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Nurhayati, Hani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Game 3D; 3D Games; Pathfinding; A-Star | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 17:05 | |||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 17:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3611 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |