Umala, Khoirum (2016) Strategi internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS terpadu tema IV materi dinamika interaksi manusia dengan lingkungan pada Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pendidikan formal di sekolah kurang mendapatkan perhatian karena pengembangannya lebih kepada intelektual atau kognitif semata, sedangkan aspek afektif atau non akademik sebagai unsur pertama pendidikan karakter belum diperhatikan secara optimal bahkan cenderung diabaikan. Permasalahan lingkungan saat ini telah menjadi issue global dan menjadi perhatian masyarakat. Banyak tempat dimuka bumi ini yang kondisinya sangat buruk dan sebagian besar dalam kondisi yang kritis. Untuk itu perlu adanya strategi internalisasi karakter peduli lingkungan dalam dunia pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perencanaan strategi guru mata pelajaran IPS Terpadu dalam menginternalisasikan karakter peduli llingkungan dalam pembelajaran IPS Terpadu tema IV materi dinamika interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kedamean Gresik, (2) mengetahui pelaksanaan strategi internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS Terpadu tema 4 materi dinamika interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kedamean Gresik dan (3) mengetahui hasil strategi internalisasi karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS Terpadu tema 4 materi dinamika interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kedamean Gresik.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan strategi guru dalam menginternalisasikan karakter peduli lingkungan yaitu dengan melaksanakan workshop kemudian monitoring dan evaluasi guru, wali murid serta siswa (2) Pelaksanaan strategi internalisasi karakter peduli lingkungan melalui metode pembiasaan, pemberian stimulus dengan praktek langsung kemudian untuk kawasan sekolahnya tidak melayani tempat untuk merokok dan paten menjadi kawasan no smoking area. dan (3) Hasil dari internalisasi karakter peduli lingkungan sekolah SMPN 1 Kedamean Gresik menjadi indah, bersih, rindang, nyaman kemudian penghuni sekolah atau warga sekolah menjadi betah di sekolah, membantu proses belajar mengajar menjadi kondusif, meningkatkan dan bisa mencetak prestasi baik akadekmik maupun non akademik, bisa memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan tidak hanya lingkungan sekolah tapi juga lingkungan luar sekolah seperti dirumah, dapat menciptakan suatu produk unggulan seperti bahan bakar nabati dari buah maja, dapat menciptakan karya daur ulang sampah dijadikan beberapa macam kreasi seperti bunga, tempat penghapus, bisa dijadikan pajangan seperti lukisan atau foto yang indah bahkan dijadikan kompos dan terakhir mempunyai tempat sampah untuk sampah organik dan non organik.
ENGLISH:
The internalization of the characters care about environment in formal education in school less attention because of its development of more to intellectual or cognitive, affective aspects while or non academic as the first element of character education is not yet observed optimally even tend to be ignored. Current environmental problems have become a global issue and concern societies. Many places on this earth upfront conditions are very bad and most in critical condition. For it is need for internalization strategy of care for the environment character in the world of education.
The purpose of this study was to: (1) find out the planning strategies teachers subjects IPS integrated in environmental care in character internalize the learning theme IV Integrated IPS material dynamics of human interaction with the environment in grade VII in the SMP 1 Kedamean Gresik, (2) know the implementation strategies internalization of environmental care in the character learning Integrated IPS theme 4 material dynamics of human interaction with the environment in grade VII in the SMP 1 Kedamean Gresik and (3) knowing the results of the internalization of environmental care character strategies in learning IPS Integrated theme 4 material dynamics of human interaction with the environment in grade VII in the SMP 1 Kedamean Gresik.
To achieve the objective above, descriptive qualitative research approach was used in this research. The key instrument was the researcher, and data collection techniques were observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions.
The results showed that, (1) Planning strategy for teachers in the environment of care i.e. character internalize by implementing monitoring and evaluation then the workshop teachers, caregivers and students (2) Implementation of the strategy of the internalization of the characters care for the environment through the conditioning stimulus, granting method with direct practice then to school district serves no place for smoking and no smoking area into patent area (3) The results of the internalization of the character caring school environment SMPN 1 Kedamean Gresik to be beautiful, clean, shady, comfortable later occupants of the school or the school community be at home in the school, helps the learning process becomes conducive, improve and could have scored a good achievement akadekmik and non-academic, could have the awareness to protect the environment is not just the school environment but also the environment outside the school as at home, can create a superior product as biofuel from maja fruit, can create a work of recycling of waste used as some kind creations such as flowers, place the eraser, can be used as a display such as a painting or a beautiful photo even be composted and finally have bins for organic and non-organic.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Internalisasi karakter; Karakter Peduli Lingkungan, dan IPS Terpadu; Strategy; Character Internalization; Environment concern character and Integrated IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Desy Putri Andika | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 13:06 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 13:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3610 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |