Responsive Banner

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam peningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 13 Kota Malang

Yeehad, Mr. Arlee (2015) Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam peningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 13 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10110273.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan kurikulum sedikitnya harus menempuh dan mencakup dua lankah berikut. Pertaman merumuskan visi dan misi pendidikan secara jelas. Kedua berdasar visi dam misi tersebut, dijabarkan kompotensi-kompotensi standar, yang dapat engakomodasi kebutuhan berbagai pihak dalam dalam berbagai demensi masyarakat, baik kebutuhan sekarang maupun kebutuhan masa depan, tanpa melupakan kebutuhan masa lalu.

Adapun dalam rangka berpartisipasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan tentunya perlu ditanamkan nilai-nilai keislaman.Suatu bangsa dapat terukur kualitasnya melalui pendidikan, maka oleh karena itu pendidikan adalah faktor yang sangat urgen. Akan tetapi kenyataan yang ada di lapangan, pendidikan dengan kurikulum yang diberlakukan, belum mampu melahirkan suatu generasi yang memiliki kemampuan yang diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan mampu menjawab tantangan yang ada. Suatu sekolah/ madrasah diharapkan mampu memilah dalam memilih cara pengembangan yang dapat diterapkan disesuaikan dengan segala sumber daya dan sumber dana yang dimiliki.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara jelas dan luas tentang pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam yang terangkum dalam fokus penelitian sebagai berikut:1). Bagaimana kurikulum pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 13 Kota Malang 2) Bagaiaman pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam dalam peningkatan Mutu pembelajaran di SMK Negeri 13 kota Malang 3) Upaya apa saja yang mengatasi problematika pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam dalam peningkataban mutu pembelajaran di SMK Negeri 13 kota Malang.

Pada penelitian ini penulis mengunakan pendekatan kualitatif. Data primer penulis dapatkan langsung dari obyek penelititan, sedangkan data skunder penulis dapatkan dari dokumen SMK Negeri 13 Kota Malang, buku penunjang yang dibutuhkan penulis berdasarkan penelitian.

Terkait pelaksanaan kurikulum yang digunakan ada dua edisi diantara lain KTSP edisi 2006 yang diperuntukan bagi peseta didik yang niak ke kelas XII dan kurikulum KTSP edisi 2013 diperutukan bagi siswa yang naik XI dan siswa kelas X yang baru masuk pada tahun ajaran 2014-2015 kerana atas instruksi kepala dinas pendidikan kota malang. Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 13 kota malang memiliki tujaun terpenting adalah Tujuan pendidkan pada dasarnya ialah untuk membentuk peserta didik untuk menjadI manusia seutuhnya( insan kamil) yang mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa atau dalam istilah orde baru yaitu pancasila.

ENGLISH:

Curriculum development should take and include at least the following two steps. The first is to formulate a clear vision and mission for education. Second is based on the vision of the mission, described standards competencies, which can accommodate the needs of various parties in the various dimension of society, both the needs of present and future needs, without forgetting the needs of the past.

Now in order to participate to develop and improve the quality of education and teaching, it held of course need to be instilled Islamic values. A nation can be measured quality through education, so therefore education is a factor that is extremely urgent. But the reality, with the education curriculum imposed, has not been able to give birth to a generation that has the ability to be expected and needed by the community and is able to meet the challenge. A school / madrasah is expected to be able to sort in choosing the way of development that can be applied adapted to all resources and sources of funds owned.

This research is expected to provide a clear and comprehensive picture of the development of Islamic education curriculum that is summarized in the focus
of research as follows: 1). How the Islamic educational curriculum in Vocational school of 13 Malang 2) How the development of Islamic educational curriculum of in improving the quality of learning in Vocational school of 13 Malang 3) What efforts have overcome the problem of Islamic curriculum development in improving the quality of learning in Vocational School of 13 Malang. In this study the author used a qualitative approach. The primary data was directly from the author getting the object, whereas the secondary data was from the document that author getting in Vocational School of 13 Malang, supporting books was required by the author based on research.

Related to the implementation of the curriculum that was used there were two editions namely educational level curriculum of 2006 edition that was intended for learners who move up to class XII and educational level curriculum of 2013 edition was intended for students who moved up to XI and class X who were new to the 2014-2015 because on instruction the head of the city education department of Malang. Islamic curriculum development in Vocational school of 13 Malang had the most important goal, basically, the interest education goal was to form students to become fully human (insan kamil) having science and technology as well as faith and Takwa, or in terms of the new era, namely Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAli, NurUNSPECIFIED
Keywords: Pengembangan; Kurikulum PAI; Pembelajaran; Development; Islamic education curriculum; Learning.
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Maimunah
Date Deposited: 21 Jul 2016 17:45
Last Modified: 05 Jan 2017 11:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3606

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item